INVESTIGASI POTENSI SEBARAN AIR TANAH MENGGUNAKAN METODE VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING (VES) DI AREA PERENCANAAN PUSAT PERKANTORAN PEMERINTAHAN KABUPATEN BENGKULU TENGAH

ADINDA, GUSTI CAHYANI and Arif, Ismul Hadi and Refrizon, Refrizon (2023) INVESTIGASI POTENSI SEBARAN AIR TANAH MENGGUNAKAN METODE VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING (VES) DI AREA PERENCANAAN PUSAT PERKANTORAN PEMERINTAHAN KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis GeoFisika)
FULL DRAFT SKRPSI ADINDA GUSTI CAHYANI (2)_compressed - Adinda gusti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Desa Renah Semanek memiliki rencana pembangunan pusat perkantoran serta pertambahan penduduk yang akan terus meningkat pertahunnya, maka perlu dilakukan penelitian menggunakan metode Vertical Electrical Sounding (VES) untuk melihat pendugaan potensi sebaran air tanah di area tersebut. Akuisisi data di lapangan menggunakan alat Geolistrik Resistivity dan IP M MAE X612-2M dengan 30 titik pengukuran yang tersebar di area rencana pembangunan pusat perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Tengah. Setiap titik pengukuran memiliki panjangan bentangan kabel 200 meter dan spasi antar titik 200 meter. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan 4 buah elektroda yaitu 2 elektroda potensial dan 2 elektroda arus. Data yang didapatkan dari penelitian ini diolah dengan menggunakan Software Progress 3.0 untuk memperoleh tahanan jenis Resistivity Log secara 1D dan Software Voxler4 untuk pemodelan secara 3D. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan dugaan adanya potensi air tanah tersebar di semua titik pengukuran, maka dari itu untuk rekomendasi pembuatan tempat penyimpanan air atau sumur gali dapat dilakukan disemua titik pengukuran. Namun untuk pembuatan atau penggalian sumur bor hanya disarankan terletak di beberapa titik saja yaitu pada titik 3, 11, 20 dan 30 karena memiliki volume air yang lebih banyak dan dalam daripada titik yang lain. Kata kunci: Air Tanah, Resistivitas, VES, Schlumberger, Pemodelan 3D Voxler dan Universitas Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 03:59
Last Modified: 28 May 2024 03:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18183

Actions (login required)

View Item View Item