PENGARUH KONSENTRASI VCO (Virgin Coconut Oil) TERHADAP KARAKTERISTIK SABUN PADAT BERBASIS MINYAK SAWIT (Palm Oil) DENGAN PENAMBAHAN MINYAK ATSIRI NILAM (Pogostemon cablin Benth) SEBAGAI PEWANGI

KURNIA FARAH ANDINA, KURNIA FARAH ANDINA and Teja, Dwi Susanto and Eni, Widiyati (2023) PENGARUH KONSENTRASI VCO (Virgin Coconut Oil) TERHADAP KARAKTERISTIK SABUN PADAT BERBASIS MINYAK SAWIT (Palm Oil) DENGAN PENAMBAHAN MINYAK ATSIRI NILAM (Pogostemon cablin Benth) SEBAGAI PEWANGI. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
CETAKK DRAFT SKRIPSI_KURNIA FARAH ANDINA_F1B019047 (1) - Metha Amelia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Sabun merupakan hasil reaksi saponifikasi yang terjadi antara asam lemak dan basa alkali digunakan sebagai pembersih, dengan menambahkan zat pewangi, dan bahan lainnya yang tidak membahayakan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap sifat�sifat sabun padat berbasis minyak sawit (palm oil) serta karakteristik pada sediaan sabun padat yang dihasilkan. Pembuatan VCO dilakukan dengan metode pemancingan. Pengamatan pada sediaan sabun padat yang dihasilkan adalah uji pH, kadar air, asam lemak bebas/alkali bebas, analisis gugus fungsi menggunakan metode FTIR (Fourier Transform Infra Red) dan uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VCO yang dihasilkan warna yang bening, beraroma khas minyak kelapa segar, tidak berbau tengik dan menghasilkan rendemen sebesar 30%. Variasi konsentrasi VCO pada pembuatan sabun padat berpengaruh pada sifat fisik kekerasan sabun, uji organoleptik, uji pH dan uji asam lemak bebas. Semua formula sediaan sabun memenuhi syarat SNI 3532-2016, kecuali uji kadar air pada formula A,B, dan C sebanyak 31,4%, 26,8%, dan 25,4%. dan uji alkali bebas pada formula A tidak memenuhi SNI 3532-2016. Kata Kunci : Sabun padat, VCO, minyak sawit, minyak atsiri nilam.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 04:15
Last Modified: 28 May 2024 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18187

Actions (login required)

View Item View Item