KLASIFIKASI LAMA STUDI MAHASISWA PROGRAM SARJANA FMIPA UNIB MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER DAN RANDOM FOREST (Studi Kasus : Lulusan FMIPA Universitas Bengkulu Tahun 2016-2017)

YULIANI, ENDANG and Sigit, Nugroho and Dyah, Setyo Rini (2018) KLASIFIKASI LAMA STUDI MAHASISWA PROGRAM SARJANA FMIPA UNIB MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER DAN RANDOM FOREST (Studi Kasus : Lulusan FMIPA Universitas Bengkulu Tahun 2016-2017). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model yang terbentuk oleh regresi logistik biner dan metode random forest dalam klasifikasi lama studi mahasiswa program sarjana FMIPA UNIB. Selain itu, penelitian ini juga melakukan perbandingan akurasi klasifikasi yang dihasilkan oleh kedua metode tersebut. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Sub-bagian Pendidikan FMIPA UNIB yang terdiri 354 lulusan mahasiswa program sarjana FMIPA UNIB tahun 2016-2017. Hasil analisis diperoleh bahwa variabel yang signifikan pada regresi logistik biner adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan lama menyusun skripsi dengan akurasi sebesar 85.9%. Menggunakan random forest diperoleh pohon keputusan optimal saat dan dengan akurasi sebesar 97,74%. Oleh karena itu, metode yang lebih baik digunakan dalam penelitian ini adalah metode random forest. Kata Kunci : Klasifikasi, Lama Studi, Akurasi Klasifikasi, Regresi Logistik Biner, random forest.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:00
Last Modified: 18 Apr 2019 09:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18188

Actions (login required)

View Item View Item