Oktarina, Riyani and Yudisiani, Yudisiani and Mas, Agus Firmansyah (2011) KOMUNIKASI ANTARPERSONAL PANITERA MUDA GUGATAN ATAU PERMOHONAN TERHADAP PENCARI KEADILAN DALAM MELAYANI PROSEDUR BERPERKARA. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text
Skripsi Riyani Oktarina-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (747kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat bagaimana komunikasi antarpersonal antara panitera muda dengan pencari keadilan dalam melayani prosedur berperkara yaitu dalam proses mengajukan gugatan atau permohonan cerai oleh pencari keadilan kepada panitera muda gugatan atau permohonan, hambatan apa saja yang terjadi dalam proses mengajukan gugatan atau permohonan cerai, juga melihat apakah pencari keadilan sudah memahami prosedur berperkara setelah selesai mengajukan gugatan atau permohonan cerai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi antarpersonal panitera muda gugatan atau permohonan dengan pencari keadilan dalam melayani prosedur berperkara, juga hambatan pencari keadilan dalam mengajukan gugatan/permohonan cerai, dan untuk mengetahui apakah pencari keadilan sudah memahami prosedur berperkara setelah mengajukan gugatan/permohonan cerai. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) dimana informan ditentukan sengaja oleh peneliti berdasarkan pertimbangan tertentu. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 11 orang, 6 informan pokok dan 5 informan kunci. Metode pengambilan data melalui observasi partisipan dan wawancara mendalam. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan mei 2011 sampai dengan Juni 2011. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa komunikasi antarpersonal antara panitera muda gugatan/permohonan dan pencari keadilan akan efektif karena ada umpan balik (feedback) diantara keduanya. Keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan harus ada di dalam komunikasi antarpersonal sehingga efektifitas komunikasi antarpersonal yang terjadi antara panitera muda gugatan/permohonan efektif. Pencari keadilan yang masih awam sebelum mengajukan gugatan/permohonan cerai takut atau khawatir duluan sebelum mengajukan gugatan/permohonan cerai dikarenakan bayangan dari pencari keadilan bahwa prosedur yang ada pasri rumit dan pengetahuan mereka yang masih awam tentang prosedur berperkara, lain halnya pencari keadilan yang sudah mengajukan untuk kedua kalinya. Hambatan yang terjadi ada hambatan psikologis dan hambatan teknis yaitu ketidakterbukaan pencari keadilan dalam proses prosedur berperkara, sedangkan hambatan teknisnya adalah mengetik ulang surat gugatan/permohonan yang telah diisi dan dibantu panitera muda gugatan/permohonan, membayar uang perkara ke bank yang telah ditentukan Pengadilan Agama Kelas I A Bengkulu, dan waktu yang telah ada di Standar Operasional Prosedur (SOP) berbeda pada saat mengajukan gugatan/permohonan cerai. Setelah pencari keadilan mengajukan gugatan/permohonan cerai ke Pengadilan Agama pencari keadilan merasakan bahwa apa yang merekan khawatirkan tidak seperti apa yang mereka bayangkan, walaupun masih ada pencari keadillan yang merasa dipersulit karena alamat dia yang tidak jelas sehingga harus mengurus surat domisili. Melalui penelitian ini diharapkan Pengadilan Agama Kelas I A Bengkulu bisa menyerdahanakan prosedur secara teknis dan memberikan sosialisasi tentang prosedur berperkara kepada pencari keadilan ataupun masyarakat awam tidak hanya lewat website atau selembaran yang ada di Pengadilan Agama tetapi melalui kecamatan/kelurahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Nov 2013 16:55 |
Last Modified: | 20 Nov 2013 16:55 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1819 |
Actions (login required)
View Item |