KAJIAN PEMANFAATAN LIMBAH ABU CANGKANG UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DAN ABU CANGKANG KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis) SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN PADA UJI KUAT TEKAN MORTAR

DHANAR, ARDIKA and Agus, Martono and Deni, Agus Triawan (2023) KAJIAN PEMANFAATAN LIMBAH ABU CANGKANG UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DAN ABU CANGKANG KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis) SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN PADA UJI KUAT TEKAN MORTAR. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
FULL SKRIPSI DHANAR - Dhanar Ardika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan abu cangkang udang (ACU) yang mengandung CaO (kalsium oksida) dan abu cangkang sawit ACS yang mengandung SiO2 (silikon dioksida) sebagai bahan pengganti sebagian semen pada mortar dan pengaruh terhadap uji kuat tekan mortar. CaO dan SiO2 diperoleh dengan cara kalsinasi ACU pada suhu 800℃ selama 3 jam dan ACS pada suhu 750℃ selama 3 jam dengan menggunakan furnace. Analisis komposisi hasil kalsinasi menggunakan alat X-Ray Fluorescence (XRF) diperoleh elemental kalsium oksida (CaO) dari ACU sebesar 77,926% dan silikon dioksida (SiO2) sebesar 92,973%. ACU dan ACS ditambahkan pada campuran mortar sebagai pengganti Sebagian semen sebanyak 0%,12%,16% dan 20% dari massa semen. Pengujian kuat tekan mortar dilakukan pada umur mortar 14 hari, 21 hari, dan 28 hari dilanjutkan 5 hari perendaman pada lingkungan asam (H2SO4) dengan pH = 4, lingkungan basa (NaOH) dengan pH = 11, dan air laut (3,1% NaCl). Dimana, presentasi 0% (tanpa ACU dan ACS) pada masing-masing uji digunakan sebagai kontrol. Penambahan ACU dan ACS sebagai pengganti semen dalam kuat tekan mortar memberikan nilai maksimum pada komposisi 16% pada umur 28 hari dengan nilai kuat tekan sebesar 16,92 MPa. Kata kunci : Kalsium oksida, Silikon Dioksida, ACU, ACS dan Mortar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 04:37
Last Modified: 28 May 2024 04:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item View Item