SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPOSIT PENGHANTAR PROTON BERBASISKAN SERBUK TANDUK SAPI DAN SELULOSA BAKTERI (Nata De Coco)

INDAH, PUTRY and Irfan, Gustian and Deni, Agus Triawan (2023) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPOSIT PENGHANTAR PROTON BERBASISKAN SERBUK TANDUK SAPI DAN SELULOSA BAKTERI (Nata De Coco). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Indah Putry_Kimia - indah putrys.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Saat ini ketersediaan bahan bakar fosil makin kurang keberadaan nya sehingga dibutuhkan sumber energi alternatif untuk menggantikan bahan bakar fosil yaitu sel bahan bakar. Pada penelitian ini sel bahan bakar berupa membran komposit penghantar proton yang dibuat menggunakan dua bahan yaitu matriks dan bahan penguat. Matriks yang digunakan terbuat dari serbuk tanduk sapi yang didapatkan dari hasil hidrolisis menggunakan pelarut NaOH, serta bahan penguat yang digunakan adalah selulosa bakteri. Membran komposit selulosa bakteri dan serbuk tanduk sapi dibuat dengan variasi massa yaitu 4,9 : 0,1 ; 4,7 : 0,3 ; 4,5 : 0,5. Membran komposit penghantar proton dilakukan karakterisasi meliputi analisis FTIR, XRD, derajat penggembungan, konduktivitas proton dengan suhu 20ºC, 40ºC, 60ºC dan 80ºC serta uji metanol permeabilitas. Hasil analisis permebialitas metanol membran komposit sebesar 1,9 × 10-9 ; 3,3 × 10-9 ; 3,3 × 10-9 mol/cm.s. Analisis gugus fungsi membran komposit yang menunjukkan interaksi fisik muncul pada puncak 3000-3500 cm-1 . Nilai derajat penggembungan tertinggi terdapat pada variasi membran komposit 4,5 : 0,5 dengan nilai sebesar 33,70%. Pada analisis XRD semua variasi massa membran komposit memiliki fasa semikristalin. Nilai konduktivitas proton tertinggi membran komposit selulosa dan serbuk tanduk sapi terdapat pada variasi massa 4,5 : 0,5 dengan nilai 4,78 × 10-4 S/cm pada suhu 40°C. Hal ini menunjukkan bahwa membran komposit penghantar proton berbasiskan selulosa bakteri dan serbuk tanduk sapi dapat berpontensi dikembangkan sebagai aplikasi sel bahan bakar. Kata Kunci: Membran komposit, serbuk tanduk sapi, selulosa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 04:42
Last Modified: 28 May 2024 04:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18191

Actions (login required)

View Item View Item