SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPOSIT PENGHANTAR PROTON BERBASISKAN SERBUK BULU ANGSA (Cygnus Olor) DAN SELULOSA BAKTERI (Nata De Coco)

ANGGIE, MUTIARA PUTRI and Irfan, Gustian and Nesbah, Nesbah (2023) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPOSIT PENGHANTAR PROTON BERBASISKAN SERBUK BULU ANGSA (Cygnus Olor) DAN SELULOSA BAKTERI (Nata De Coco). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Anggie Mutiara Putri CD - Anggie Mutiara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Limbah bulu angsa dapat dimanfaatkan sebagai penguat pada membran komposit penghantar proton. Membran komposit ini berfungsi sebagai sel bahan bakar ramah lingkungan yang memiliki efisiensi berkisar 60%. Pada penelitian ini digunakan selulosa bakteri dan serbuk bulu angsa dengan perbandingan variasi massa, yaitu 4,5:0,5 ; 4,3:0,7 ; 4:1. Serbuk bulu angsa dihidrolisis terlebih dahulu dengan NaOH, kemudian disentrifugasi. Karakterisasi yang digunakan pada membran komposit penghantar proton ialah analisis permeabilitas metanol, derajat penggembungan, konduktivitas proton dengan variasi suhu 25°C, 40°C, 60°C dan 80°C, analisis gugus fungsi menggunakan Fourier Transform Infra Red (FTIR) dengan bilangan gelombang antara 4000 cm-1 -500 cm-1 , dan analisis X�Ray Diffraction (XRD). Hasil analisis nilai permeabilitas metanol membran komposit sebesar 4,37 × 10-9 ; 4,76 × 10-9 ; 6,46 × 10-9 mol/cm.s. Nilai penggembungan tertinggi pada perbandingan 4:1 sebesar 35,21%. Nilai konduktivitas proton membran komposit tertinggi sebesar 4, 2779 x 10-3 S/cm pada suhu 25°C perbandingan 4:1 dan 1, 07 × 10-5 S/cm pada suhu 25°C untuk nilai konduktivitas proton membran selulosa bakteri. Gugus fungsi dari serbuk bulu angsa didapatkan sebagai gugus fungsi yang paling banyak muncul dalam analisis menggunakan FTIR. Hasil analisa XRD membran komposit bersifat semikristalin. Hasil yang telah didapat menunjukkan bahwa membran komposit dari selulosa bakteri dan serbuk bulu angsa mampu menjadi membran penghantar proton dan memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan sebagai sel bahan bakar. Kata kunci: Membran komposit, serbuk bulu angsa, selulosa bakteri, sel bahan bakar, polimer.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 04:47
Last Modified: 28 May 2024 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18192

Actions (login required)

View Item View Item