SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPOSIT PENGHANTAR PROTON BERBASISKAN SERBUK BULU AYAM DAN SELULOSA BAKTERI (Nata De Coco)

KHANSA, FAIRUZ ZAHRAH and Irfan, Gustian and Nesbah, Nesbah (2023) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KOMPOSIT PENGHANTAR PROTON BERBASISKAN SERBUK BULU AYAM DAN SELULOSA BAKTERI (Nata De Coco). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Khansa Fairuz Zahrah - Khansa Fairuz Zahrah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Sel bahan bakar memiliki efisiensi konversi energi yang baik, tidak bising serta ramah lingkungan sehingga dapat digunakan sebagai pengganti energi fosil. Penelitian ini menggunakan membran komposit sebagai elektrolit untuk sel bahan bakar dengan serbuk bulu ayam dan selulosa bakteri. Membran komposit dihasilkan dengan variasi masa selulosa bakteri-serbuk bulu ayam 4,5:0,5 ; 4,3:0,7 dan 4:1. Karakterisasi membran komposit dengan FTIR menunjukkan interaksi fisik yang muncul pada daerah 3000-3500 cm -1 . Analisis XRD menunjukkan adanya fasa kristalin pada selulosa bakteri dan fasa semikristalin pada tiap variasi membran komposit. Nilai derajat penggembungan selulosa bakteri yaitu sebesar 20%, serta untuk membran komposit variasi massa selulosa bakteri dan serbuk bulu ayam (4 : 1) menunjukkan nilai yang paling tinggi yaitu 35,77%. Nilai konduktivitas proton selulosa bakteri tertinggi pada suhu 25°C yaitu 1,70 × 10-5 S/cm dan pada membran komposit nilai konduktivitas tertingginya ada pada variasi massa selulosa bakteri dan serbuk bulu ayam (4 : 1) di suhu 25°C yaitu 1,850 × 10-3 S/cm. Permeabilitas metanol yang paling rendah ada pada variasi membran komposit selulosa bakteri dan serbuk bulu ayam (4,5 : 0,5) yaitu sebesar 4,07 × 10-9 mol/cm.s. Hal ini menunjukkan bahwa membran komposit penghantar proton berbasiskan serbuk bulu ayam dan selulosa bakteri memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai elektrolit untuk sel bahan bakar. Kata kunci : Serbuk bulu ayam, selulosa bakteri, membran komposit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 07:13
Last Modified: 28 May 2024 07:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18198

Actions (login required)

View Item View Item