SINTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT SnO2-ZnO MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN PATIKAN KEBO (Euphorbia hirta L.) DENGAN METODE HIDROTERMAL

RISKA, NUR FADILAH and Asdim, Asdim and Eka, Angasa (2023) SINTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT SnO2-ZnO MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN PATIKAN KEBO (Euphorbia hirta L.) DENGAN METODE HIDROTERMAL. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Riska Nur Fadilah-F1B019002_compressed - Riska Nur Fadilah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Komposit SnO2-ZnO telah disintesis melalui metode hidrotermal menggunakan ekstrak daun patikan kebo (Euphorbia hirta L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ekstrak daun patikan kebo (Euphorbia hirta L.) terhadap ukuran patikel dari komposit SnO2-ZnO. Sintesis komposit SnO2-ZnO dilakukan dengan metode hidrotermal selama 12 jam pada suhu 160oC dengan variasi massa ekstrak daun patikan kebo (Euphorbia hirta L.) yaitu 0, 5, 10, dan 15 gram. Hasil analisis XRD menunjukkan bahwa komposit SnO2-ZnO yang telah disintesis memiliki kristalinitas yang baik ditandai dengan puncak-puncak yang tajam dan intensitas yang tinggi. Hasil analisis FTIR menunjukkan bahwa SnO2 memiliki peregangan Sn-O-Sn pada bilangan gelombang 614 cm-1 dan peregangan Zn-O pada bilangan gelombang 595 cm-1 . Hasil analisa SEM menunjukkan bahwa morfologi komposit SnO2-ZnO yang dihasilkan berbentuk bulat tidak beraturan. Variasi massa ekstrak daun patikan kebo (Euphorbia hirta L.) yang menghasilkan ukuran kristal komposit SnO2-ZnO paling kecil (33,23 nm) adalah penggunaan ekstrak dengan massa 15 gram. Sedangkan variasi massa ekstrak daun patikan kebo (Euphorbia hirta L.) yang menghasilkan kristalinitas paling baik adalah penggunaan ekstrak dengan massa 10 gram. Kata kunci : Komposit SnO2-ZnO,Hidrotermal,Euphorbia hirta L.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 07:21
Last Modified: 28 May 2024 07:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18200

Actions (login required)

View Item View Item