OPTIMALISASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN JERUK KALAMANSI SEBAGAI BAHAN BAKU SIRUP KALAMANSI DI INDUSTRI RUMAH TANGGA BRAND SEGAR ASRI KOTA BENGKULU DENGAN MODEL PEMROGRAMAN DINAMIS

EMI, ESTERLIA SIMANGUNSONG and Ramya, Rachmawati and Septri, Damayanti (2023) OPTIMALISASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN JERUK KALAMANSI SEBAGAI BAHAN BAKU SIRUP KALAMANSI DI INDUSTRI RUMAH TANGGA BRAND SEGAR ASRI KOTA BENGKULU DENGAN MODEL PEMROGRAMAN DINAMIS. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Emi Esterlia Simangunsong_F1A018001 - Vera Adelina Hutasoit.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas model pemrograman dinamis untuk pengelolahan inventori bahan baku di industri rumah tangga Segar Asri Kota Bengkulu. Industri ini merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang produksi sirup kalamansi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persediaan bahan baku sirup kalamansi yang optimal 12 bulan mendatang di Industri Rumah Tangga Segar ASRI Kota Bengkulu dengan menggunakan model pemrograman dinamis. Prosedur penyelesaian dilakukan dengan langkah-langkah: mengumpulkan data, menyusun data yang diperoleh, merumuskan masalah ke dalam model pemrograman dinamis dan mencari model pemrograman dinamis. Hasil perhitungan penyelesaian didapat total biaya minimum pengadaan bahan baku jeruk kalamansi selama 12 bulan adalah Rp697.010,00, untuk pengadaan bahan baku jeruk kalamansi pada bulan Januari sebanyak 506 kg, bulan Februari sebanyak 506 kg, bulan Maret sebanyak 322, bulan April 552 kg, bulan Mei sebanyak 460 kg, bulan juni sebanyak 460 kg, bulan Juli sebanyak 460 kg, bulan Agustus sebanyak 460 kg, bulan September sebanyak 414 kg, bulan Oktober sebanyak 414 kg, bulan November sebanyak 138 kg, dan bulan Desember sebanyak 184 kg. Kata Kunci: Jeruk kalamansi, Minimalisasi biaya , Pengadaan bahan baku, Fungsi rekursif, Pemrograman dinamis probabilistik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 29 May 2024 02:40
Last Modified: 29 May 2024 02:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18215

Actions (login required)

View Item View Item