SELEKSI TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) GENERASI F3 THREE WAY CROSS PADA FASE VEGETATIF TERHADAP CEKAMAN SALINITAS

Dodi, Adriansyah and Catur, Herison and Rustika, Wati (2022) SELEKSI TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) GENERASI F3 THREE WAY CROSS PADA FASE VEGETATIF TERHADAP CEKAMAN SALINITAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Dodi Adriansyah..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) merupakan sayuran buah yang disukai masyarakat yang memiliki nilai ekonomis dan nilai guna untuk kesahatan manusia. Produksi tomat nasional terus meningkat pada 3 tahun terakhir. Namun demikian, peningkatan produksi tersebut belum dapat memenuhi konsumsi tomat di dalam negeri dikarenakan keterbatasan lahan produksi. Upaya peningkatan produksi dilakukan dengan memanfaatkan lahan marginal. Dalam rangka memanfaatkan lahan salin di pesisir dibutuhkan varietas-varietas yang memiliki toleransi terhadap garam (NaCl), karena sebagian besar tanaman pertanian tidak akan tumbuh pada kondisi konsentrasi garam tinggi. Varietas yang memiliki karakter tersebut yaitu tetua kudamati, tetua Lombok 4 dan tetua Makasar. Tetua kudamati merupakan varietas yang toleran terhadap penyakit layu, sedangkan tetua lombok 4 dan Makasar merupakan tetua yang berasal dari daerah pesisir (Bariro, 2016). Universitas Bengkulu telah melakukan persilangan three way cross pada (Kudamati 1 x Lombok 4) x Makasar dan didapatkan hasil seleksi pada generasi F2 yang dilanjutkan seleksi kembali pada generasi F3. Penelitian ini bertujuan memperoleh genotipe generasi F3 tomat keturunan hasil persilangan three way cross genotipe (Kudamati 1 x Lombok 4) x Makasar yang toleran cekaman salinitas. Penelitian ini bersifat deskriptif sehingga tidak menggunakan rancangan percobaan. Hal ini disebabkan oleh populasi F3 memiliki individu yang berbeda-beda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif yaitu Stress Toleran Index dan Frekuensi pada kelas variabel. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 – Februari 2020 di Rumah Kaca Laboratorium Agronomi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Hasil analisis keragaan pertumbuhan tanaman tomat perlakuan 0 ppm NaCl (kontrol) dan cekaman salinitas dengan konsentrasi 5000 ppm NaCl menunjukkan hasil yang beragam pada semua variabel pengamatan. Keberagaman tersebut meliputi tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), diameter batang (mm), bobot segar (gram), panjang akar (cm), dan volume akar (ml). Keberagaman tersebut memperoleh hasil pada tanaman tomat generasi F3 pemberian cekaman salinitas (NaCl) 5.000 ppm yang memperoleh 7 tanaman sangat toleran (6, 29, 63, 74, 103, 110 dan 143), 5 tanaman toleran (3, 88, 92, 104 dan 106), 8 tanaman agak toleran (5, 15, 20, 23, 36, 65, 71 dan 94), 1 tanaman peka (115) dan 4 tanaman sangat peka (2, 9, 40 dan 53).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 May 2024 03:08
Last Modified: 29 May 2024 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18220

Actions (login required)

View Item View Item