ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY

DELVIA, MONICA and Nur, Afandi and Zulfia, Memi Mayasari (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DELVIA MONICA F1A019004 - DELVIA MONICA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perpustakaan Universitas Bengkulu adalah fasilitas yang ada di Universitas Bengkulu yang seharusnya memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pengunjung. Perpustakaan Universitas Bengkulu melaksanakan pelayanan dengan memperhatikan beberapa variabel diantaranya tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), emphaty (kepedulian), responsiveness (ketanggapan), dan assurance (jaminan) untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pengunjung. Tingkat kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan Universitas Bengkulu dapat diukur dari kesenjangan antara harapan dan persepsi pengujung. Penelitian ini menggunakan metode fuzzy- service qualilty pada pengukuran tingkat kepuasan pelayanan Perpustakaan Universitas Bengkulu dengan data diperoleh dari kuesioner yang telah diisi oleh pengunjung Perpustakaan Universitas Bengkulu. Pengolahan data dilakukan dengan menentukan fuzzy set kemudian menghitung nilai fuzzyfikasi, defuzzyfikasi, serta perhitungan nilai gap (kesenjangan) antara persepsi dan harapan pengunjung. Pada penelitian pengukuran tingkat kepuasan pelayanan Perpustakaan Universitas Bengkulu ini diperoleh tiga atribut yang mempunyai nilai gap tertinggi antara lain; assurance 1, yaitu mengenai keamanan fasilitas loker dengan nilai gap -2,3, urutan kedua tangibles 3 yaitu mengenai kelengkapan buku dan referensi yang memadai dengan nilai gap -1,55, dan tangibles 5, yaitu mengenai fasilitas loker yang cukup dengan nilai gap -1,37. Nilai gap negatif diartikan kurang baik atau kurang memuaskan, sehingga perlu diprioritaskan oleh Perpustakaan Universitas Bengkulu. Kata kunci : Fuzzy, Gap (Kesenjangan), Perpustakaan Universitas Bengkulu, Service Quality.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 29 May 2024 03:27
Last Modified: 29 May 2024 03:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18224

Actions (login required)

View Item View Item