PENENTUAN LOKASI DAN JUMLAH POS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN YANG OPTIMAL DENGAN PENDEKATAN SET COVERING PROBLEM (Studi Kasus: Pos Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu)

ERSYA, NOBERTHA and Siska, Yosmar and Ramya, Rachmawati (2023) PENENTUAN LOKASI DAN JUMLAH POS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN YANG OPTIMAL DENGAN PENDEKATAN SET COVERING PROBLEM (Studi Kasus: Pos Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Ersya Nobertha (1) - Ersya Nobertha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Seberapa baik kinerja petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan dapat dipengaruhi oleh lokasi penempatan dan jumlah pos pemadam kebakaran dan penyelamatan tersebut. Dengan mempertimbangkan waktu tempuh di Kota Bengkulu dan menggunakan pendekatan set covering problem, penelitian ini berupaya mengidentifikasi lokasi penempatan dan jumlah pos pemadam kebakaran dan penyelamatan yang optimal. Kemudian, GAMS digunakan untuk menyelesaikan model pengoptimalan tersebut. Dari hasil penelitian ternyata ada banyak pilihan dalam menentukan pos pemadam kebakaran dan penyelamatan yang optimal. Serta dari hasil penelitian juga menyatakan bahwa semakin cepat waktu tempuh yang digunakan, maka semakin banyak pula jumlah pos pemadam kebakaran dan penyelamatan yang didirikan. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu kini mengoperasikan 9 pos pemadam kebakaran dan penyelamatan di setiap kecamatan, kecuali di Kecamatan Ratu Agung dan Gading Cempaka. Kata Kunci: Pemadam kebakaran dan penyelamatan, Pemrograman integer, nnnnnnnnnnnSet covering problem, Optimalisasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 29 May 2024 03:37
Last Modified: 29 May 2024 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item View Item