OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI ROTI MENGGUNAKAN METODE BRANCH AND BOUND (Studi Kasus: Toko Roti Hasanah Bakery, Bengkulu)

SAMUDRA, RIZQI and Fanani, Haryo Widodo and Septri, Damayanti (2023) OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI ROTI MENGGUNAKAN METODE BRANCH AND BOUND (Studi Kasus: Toko Roti Hasanah Bakery, Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Samudra Rizqi F1A019051 - Samudra Rizqi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Industri roti merupakan bagian dari industri makanan jadi yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan baku utama dalam proses produksinya. Dalam bisnis roti keuntungan sudah menjadi hal yang diinginkan karena keuntungan bisa menjadi salah satu pendorong atau motivasi agar bisnis roti tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut diperlukan perencanaan jumlah produksi yang optimal pada setiap produk agar mendapatkan keuntungan yang maksimum. Metode yang digunakan untuk mencari keuntungan yang maksimum dengan menggunakan metode Branch and Bound. Metode Branch and Bound melewati beberapa tahap, yaitu membentuk model program integer, mencari program linier relaksasi, setelah diperoleh hasil apakah solusinya merupakan nilai integer, jika tidak maka kita harus mencabangkan variabel yang belum bernilai integer sampai semua nilai variabel bernilai integer. Solusi untuk program linier diperoleh keuntungan maksimum sebesar Rp.31.173.163 dengan memproduksi 0 roti donat mini pondok, 2966,667 roti ngampas, 7200 roti mesis snack, 833,3333 roti kelapa snack, 1500 roti boy snack. Solusi untuk integer programming diperoleh keuntungan maksimum Rp.31.171.717 dengan memproduksi 1 roti donat mini pondok, 2967 roti ngampas, 7199 roti mesis snack, 833 roti kelapa snack, 1500 roti boy snack. Solusi dengan model program linier lebih optimal atau maksimum dibandingkan dengan model program integer, akan tetapi variabel yang dihasilkan model program integer lebih praktis karena variabelnya bernilai integer atau bilangan bulat. Kata Kunci : Roti, metode Simpleks, Branch and Bound, Integer Programming, Linear Programming.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 29 May 2024 04:04
Last Modified: 29 May 2024 04:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item View Item