PEMODELAN KEMISKINAN DI SUMATRA BAGIAN SELATAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI PANEL SPASIAL DENGAN PEMBOBOT QUEEN CONTIGUITY, BISHOP CONTIGUITY DAN ROOK CONTIGUITY

NUTIA, ROSDALENA and Dyah, Setyo Rini and Dian, Agustina (2023) PEMODELAN KEMISKINAN DI SUMATRA BAGIAN SELATAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI PANEL SPASIAL DENGAN PEMBOBOT QUEEN CONTIGUITY, BISHOP CONTIGUITY DAN ROOK CONTIGUITY. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_NUTIA ROSDALENA_F1F019026 - Nutia Rosdalena.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Indonesia menempati posisi ke-73 dengan jumlah penduduk miskin terbesar di dunia pada tahun 2022. Dimana mayoritas penduduknya tinggal di daerah pedesaan yang sulit untuk diakses seperti di wilayah Sumatra, dengan rata-rata nilai peenduduk miskin tertinggi berada di Wilayah Sumatra Bagian Selatan. Salah satu upaya untuk menekan persentase penduduk miskin adalah mengetahui faktor-faktor penyebabnya dengan melakukan analisis terhadap kemiskinan berdasarkan waktu dan daerah. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah regresi spasial data panel. Regresi spasial data panel merupakan sebuah model regresi yang menggabungkan data cross section dan time series dengan mempertimbangkan aspek spasial. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model regresi spasial data panel untuk persentase kemiskinan Kabupaten/Kota di Sumatra Bagian Selatan menggunakan tiga matriks pembobot (queen contiguity, bishop contiguity dan rook contiguity). Data yang digunakan yaitu persentase penduduk miskin, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), rata-rata lama sekolah, tingkat pengangguran terbuka dan umur harapan hidup kabupaten/kota di Wilayah Sumatra Bagian Selatan. Hasil model untuk salah satu matriks pembobot queen contiguity yaitu SARFE Y෠it = 0.323348 ∑j 6= 0 1 wijYjt − 0.130749PDRB − 1.997193UHH + μi dan SEMFE Y෠it =− 0.185824PDRB − 2.903796UHH + μi + ϕit dimana ϕit = 0.327121 ∑j 6= 0 1 wijϕit Kata Kunci: Kemiskinan, Regresi spasial data panel, Sumatra Bagian Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 29 May 2024 07:52
Last Modified: 29 May 2024 07:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item View Item