MODEL PROBIT SPASIAL PADA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KLASIFIKASI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI SUMATERA BAGIAN SELATAN

Reinadasari, Nora and Fachri, Faisal and Etis, Sunandi (2018) MODEL PROBIT SPASIAL PADA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KLASIFIKASI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI SUMATERA BAGIAN SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Nora Reinadasari (F1A014037).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dari faktor-faktor yang mempengaruhi klasifikasi indeks pembangunan manusia di Sumatera Bagian Selatan pada tahun 2016 dan pemetaan hasil prediksi model. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung yang meliputi indeks pembangunan manusia, angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah serta rata-rata pengeluaran per kapita. Dari hasil uji Lagrange Multiplier diketahui bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Spatial Autoregressive (SAR). Berdasarkan hasil analisis diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi klasifikasi Indeks Pembangunan Manusia yaitu angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah dan rata-rata pengeluaran per kapita. Pada penelitian ini diperoleh nilai accuracy sebesar 85% artinya kemampuan model untuk mendeteksi secara benar seluruh objek yang diuji adalah sebesar 85%. Pemetaan hasil prediksi berdasarkan model yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 2 kabupaten/kota yang berkategori menengah tinggi yaitu Kota Bengkulu dan Kota Palembang. Kata kunci: Indeks Pembangunan Manusia, probit spasial, spatial autoregressive.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 22 Apr 2019 05:06
Last Modified: 22 Apr 2019 05:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18259

Actions (login required)

View Item View Item