NOTA KESEPAHAMAN TENTANG PEMBINAAN UMAT BERAGAMA DAN PENANGKALAN PAHAM RADIKALISME ANTARA KEPOLISIAN DAERAH BENGKULU DENGAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU (SUATU TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM)

Sakinah, Suhertini and Tito, sofyan and Akhmad, Muslih (2022) NOTA KESEPAHAMAN TENTANG PEMBINAAN UMAT BERAGAMA DAN PENANGKALAN PAHAM RADIKALISME ANTARA KEPOLISIAN DAERAH BENGKULU DENGAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU (SUATU TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS SAKINAH SUHERTINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Agama-agama akan semakin moderat jika mampu mempersandingkan kebebasan dan toleransi. Kebebasan merupakan hak setiap individu dan kelompok yang harus dijaga dan dihormati, sedangkan toleransi adalah kewajiban agama-agama dalam hidup bersama. Dalam upaya tersebut penelitian ini hadir untuk memberikan sebuah formulasi untuk pembinaan umat beragama dan pencegahan radikalisme melalui Pelaksanaan Nota Kesepahaman Tentang Pembinaan Umat Beragama dan Penangkalan Paham Radikalisme Antara Kepolisian Daerah Bengkulu dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apa saja permasalahan yang diatur dalam nota kesepahaman ini, dan bagaimana realisasi pelaksanaan nota kesepahaman tersebut. Jenis penelitian dalam penelitian hukum ini adalah penelitian hukum empiris, dengan fokus pada pembinaan umat beragama dan pencegahan radikalisme. Secara singkat, hasil penelitian ini merumuskan bahwa nota kesepahaman yang dibuat Kepolisian Daerah Bengkulu dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu tentang pembinaan umat beragama dan penangkalan paham radikalisme ini mengandung pedoman bagi para pihak dalam rangka pembinaan umat beragama dan pencegahan radikalisme. Pelaksanaan nota kesepahaman tersebut, sebagian besar sudah terealisasi berdasarkan kewajiban dan hak masing-masing para pihak. Namun, masih ada kendala yang ditemukan, misalnya dalam hal faktor sosial, dengan didasari pada lemahnya kesadaran masyarakat dan kurang aktifnya kegiatan partisipasi masyarakat dalam membantu program ini, sehingga perlu disosialisasikan dan dibumikan pelaksanaannya. Kata Kunci : Nota Kesepahaman, Umat Beragama, Radikalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 30 May 2024 08:09
Last Modified: 30 May 2024 08:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18260

Actions (login required)

View Item View Item