PERANAN SATUAN TUGAS PENEGAK HUKUM (SATGAS GAKUM) COVID -19 DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PELANGGAR PROKES COVID -19 DI KOTA BENGKULU

RINDU, GITA TANZIA PINEM and Herlambang, Herlambang and Lidia, Br. Karo (2022) PERANAN SATUAN TUGAS PENEGAK HUKUM (SATGAS GAKUM) COVID -19 DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PELANGGAR PROKES COVID -19 DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS FIX RINDU GITA TANZIA PINEM B2A019064 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pelanggaran protocol kesehatan covid-19 mengalami peningkatan di Kota Bengkulu. Pelanggar protocol kesehatan covid-19 adalah masyarakat maupun individu. Pelanggaran protocol kesehatan covid-19 merupakan suatu permasalahan yang harus diatasi bukan hanya oleh pemerintah saja melainkan juga seluruh masyarakat, salah satu upaya pemerintah daerah Bengkulu untuk menanggulangi pelanggaran protocol kesehatan covid-19, dibentuklah Satuan Tugas Penegak Hukum (SATGAS GAKUM) guna menanggulangi pelanggaran protocol kesehatan covid-19 di Kota Bengkulu, agar terciptanya masyarakat yang patuh dan terhindar dari vitrus COVID-19. Faktanya masih banyak masyarakat di Kota Bengkulu melakukan pelanggaran protocol kesehatan covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran SATGAS GAKUM dalam menanggulangi pelanggaran protocol kesehatan covid-19 di Kota Bengkulu dan untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi SATGAS GAKUM dalam penanggulangan pelanggaran protocol kesehatan covid-19 di Kota Bengkulu. Metode penelitian dari segi sifatnya digunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian hukum empiris. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini dengan analisis kualitatif, kerangka berpikir induktif-deduktif dan sebaliknya. Peran SATGAS GAKUM belum berperan maksimal dalam menanggulangi pelanggaran protocol kesehatan covid-19 di Kota Bengkulu tindakan preventif berupa melakukan sosialisasi tentang bahaya tidak disiplin protocol kesehatan covid-19, membuat program pengawasan, pembinaan serta pendisiplinan masyarakat agar dapat mematuhi protocol kesehatan, tidak menimbulkan kerumunan, dan mengarahkan masyarakat untuk mematuhi protocol kesehatan dengan cara membentuk kelompok kerja. Faktor penghambat yang dihadapi SATGAS GAKUM faktor kuantitas dan kualitas anggota SATGAS GAKUM, faktor sarana dan prasarana, dan faktor budaya masyarakat tidak patuh terhadap prokes covid-19. Kata Kunci: Peran, Satuan Tugas Penegak Hukum, Penanggulangan, Pelanggar, Protokol Kesehatan Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 30 May 2024 08:10
Last Modified: 30 May 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18288

Actions (login required)

View Item View Item