PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA Research and Development (R&D)

Lubis, Ica Nur Azizah and Salastri, Rohiat and Sura, Menda Ginting (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA Research and Development (R&D). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Ica Nur Azizah Lubis_A1F017002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran kimia berbasis guided discovery yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Uji coba di lakukan pada skala kecil dengan 30 orang peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 4 Kota Bengkulu. Data penelitian diperoleh dari angket validasi materi, angket validasi media dan angket respon peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat kelayakan media pembelajaran kimia pada aspek materi sebesar 89,77% dengan kategori sangat valid sedangkan pada aspek media sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran kimia diperoleh persentase sebesar 92,15% dengan kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis guided discovery pada materi larutan penyangga yang dihasilkan pada penelitian ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kimia, Guided Discovery, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 May 2024 08:33
Last Modified: 30 May 2024 08:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item