PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ROCK PHOSPATE DAN PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI HITAM (Glycine Soja L. Merril) PADA LAHAN RAWA

Rini, Mutiara and Kanang, Setyo Hendarto and Hesti, Pujiwati (2022) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ROCK PHOSPATE DAN PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI HITAM (Glycine Soja L. Merril) PADA LAHAN RAWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Rini Mutiara.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kedelai hitam (Glycine Soja L. Merril) merupakan salah satu komoditas pertanian yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Salah satu cara meningkatkan produksinya yaitu memanfaatkan lahan rawa dengan pemberian pupuk Rock phospate dan pupuk daun. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh dosis pupuk Rock phospate dan pupuk daun terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai hitam pada lahan rawa, untuk mendapatkan interaksi pupuk rock phospate dan pupuk daun pada lahan rawa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2021 sampai dengan bulan Februari 2022 yang berlokasi dilahan rawa belakang Green House Laboratorium Agronomi Universitas Bengkulu Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok lengkap (RAKL) dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama pupuk Rock phospate yang terdiri atas 3 taraf yaitu P1= 0 ton/ha, P2= 75 kg/ha, P3= 150 kg/ha. Faktor kedua pupuk daun dengan 3 taraf yaitu N1= 0 g/l, N2= 1,5 g/l, N3= 3g/l. Dari kedua perlakuan didapatkan 9 kombinasi perlakuan, setiap perlakuan di ulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA taraf 5 %. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pupuk Rock poshpate dan pupuk daun tidak memberikan pengaruh nyata terhadap variabel tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, berat kering tajuk, berat kering akar, berat biji/tanaman, berat biji/petak, jumlah polong/tanaman, berat polong/tanaman, jumlah polong hampa, jumlah biji/tanaman. Namun pupuk rock phospate dan pupuk daun memberikan pengaruh nyata pada variabel pengamatan tingkat kehijauan daun dan bobot 100 biji, dan terdapat interaksi antara pupuk Rock phospate dengan pupuk daun memberikan pengaruh nyata pada variabel pengamatan jumlah daun dan jumlah cabang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 May 2024 02:26
Last Modified: 31 May 2024 02:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18303

Actions (login required)

View Item View Item