RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK NPK MUTIARA YARAMILA DAN PUPUK KANDANG KOTORAN KAMBING

Yuyun, Suratmi and Sigit, Sudjatmiko and Yulian, Yulian, (2022) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK NPK MUTIARA YARAMILA DAN PUPUK KANDANG KOTORAN KAMBING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YUYUN SURATMI_ E1J017028.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Produksi terung di Indonesia saat ini masih belum optimal dan banyak faktor yang mempengaruhi hal ini. Beberapa masalah yang timbul dalam proses budidaya yaitu terganggunya mikroorganisme di dalam tanah, sehingga berpotensi merusak tanaman apabila pemberian pupuk secara berlebihan. Selain itu, ketersediaan unsur hara di dalam tanah yang sedikit menyebabkan tanaman kekurangan nutrisi yang dapat menghambat pertumbuhan dan menurunkan hasil tanaman. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu penambahan unsur hara dan perbaikan kualitas tanah. Penambahan pupuk NPK Mutiara Yaramila dan pupuk kandang kotoran kambing diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Penelitian ini bertujuan (1) Menentukan interaksi antara pupuk NPK Mutiara Yaramila dengan pupuk kandang kotoran kambing yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung, (2) Menentukan dosis pupuk NPK Mutiara Yaramila terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman terung dan (3) Menentukan dosis pupuk kandang kotoran kambing terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan Juni 2021 di Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor yaitu perlakuan NPK Mutiara Yaramila 100 kg ha-1 , 200 kg ha-1 dan 300 kg ha-1 dan pupuk kandang kotoran kambing dengan dosis 10 ton ha-1 , 15 ton ha-1 dan 20 ton ha-1 . Dengan demikian diperoleh 9 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 27 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan Analisis Varian (ANAVA) pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan pupuk NPK Mutiara Yaramila dan pupuk kandang kotoran kambing tidak terjadi pengaruh interaksi terhadap variabel pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Perlakuan pupuk NPK Mutiara Yaramila berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung, sedangkan perlakuan pupuk kandang kotoran kambing pada dosis 15 ton ha-1 menghasilkan tinggi tanaman terbaik sedangkan dosis 10 ton ha-1 menghasilkan panjang buah terbaik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 May 2024 02:56
Last Modified: 31 May 2024 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item View Item