RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merrill) TERHADAP BERBAGAI JENIS PUPUK KOMPOS DAN DOSIS NPK DI LAHAN PESISIR

Wahyu, Hidayat and Prasetyo, Prasetyo and Hesti, Pujiwati, (2022) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merrill) TERHADAP BERBAGAI JENIS PUPUK KOMPOS DAN DOSIS NPK DI LAHAN PESISIR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Wahyu Hidayat.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan interaksi jenis bahan pupuk kompos dan dosis NPK pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai di lahan pesisir, menentukan bahan pupuk kompos terbaik pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai dilahan pesisir, dan menentukan dosis pupuk NPK terbaik pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai di lahan pesisir. Pelaksanaan penelitian pada bulan Agustus sampai Desember 2020 di Kuala Alam Kecamatan Gading Cempaka, kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama jenis pupuk kompos yang terdiri dari 4 taraf P1= tusuk konde, P2= titonia, P3= kompos TKKS, P4= kompos eceng gondok. Sedangkan faktor kedua adalah dosis pupuk NPK majemuk yaitu N0= 0 kg/ha, N1= 150 kg/ha, N3= 300 kg/ha, N4= 450 kg/ha. Dari kedua perlakuan yang digunakan diperoleh 16 perlakuan dan setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga diperoleh 48 satuan perlakuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara jenis pupuk kompos dan dosis NPK majemuk pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Pemberian jenis pupuk kompos tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Pemberian pupuk NPK dengan dosis 150 kg/ha memberikan pertumbuhan tinggi tanaman terbaik yaitu 28,31 cm. Sedangkan pemberian NPK dosis 450 kg/ha memberikan pertumbuhan terbaik pada variabel jumlah daun 13,46 helai dan jumlah cabang 2,08 tangkai. Kondisi cekaman dilahan pesisir menyebabkan hasil bobot biji tanaman sebesar 1,04 g atau setara dengan 0,0173 ton/ha, sedangkan potensi hasil kedelai varietas dering yaitu 2,8 ton.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 May 2024 03:17
Last Modified: 31 May 2024 03:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18313

Actions (login required)

View Item View Item