MODIFIKASI MEDIA KULTUR JARINGAN DENGAN PENAMBAHAN PUPUK DAUN DAN SUKROSA UNTUK MULTIPLIKASI TUNAS KRISAN (Chrysanthemum sp.) SECARA IN VITRO

Maria, Asri Siagian and Marlin, Marlin and Yulian, Yulian (2022) MODIFIKASI MEDIA KULTUR JARINGAN DENGAN PENAMBAHAN PUPUK DAUN DAN SUKROSA UNTUK MULTIPLIKASI TUNAS KRISAN (Chrysanthemum sp.) SECARA IN VITRO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_MARIA ASRI SIAGIAN_E1J018068.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Krisan (Chrysanthemum sp.) merupakan salah satu komoditas tanaman hias dengan nilai ekonomi yang tinggi dan memiliki potensi untuk dikembangkan secara komersial di Indonesia. Upaya untuk menghasilkan bibit krisan dalam jumlah yang besar dengan waktu yang relatif singkat dapat dilakukan melalui perbanyakan kultur jaringan. Keberhasilan perbanyakan tanaman melalui teknik kultur jaringan tergantung pada jenis media yang digunakan. Penggunaan bahan kimia membutuhkan biaya yang tinggi. Salah satu cara untuk mengurangai penggunaan bahan kimia tersebut dengan menambahkan pupuk daun ke dalam media tumbuh. Selain itu faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan dan perbanyakan secara in vitro adalah sukrosa yang berperan sebagai sumber energi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis modifikasi media kultur terbaik untuk multiplikasi tunas krisan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Februari 2022 di Laboratorium Agronomi Divisi Kultur Jaringan dan Bioteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor yang terdiri dari 8 perlakuan yaitu M1 : MS full + 30 gram sukrosa, M2 : ½ MS + 30g sukrosa, M3 : ½ MS + 30g sukrosa + 1g/L Pupuk daun , M4: ½ MS + 30g sukrosa + 2g/L Pupuk daun, M5 : ½ MS + 30g sukrosa + 3g/L Pupuk daun, M6 : ½ MS + 20g sukrosa + 1g/L Pupuk daun, M7 : ½ MS + 20g sukrosa + 2g/L Pupuk daun, M8 : ½ MS + 20g sukrosa + 3g/L Pupuk daun. Penelitian dilakukan sebanyak 3 ulangan, setiap perlakuan terdiri dari 4 tanaman sehingga didapat 96 tanaman. Setiap unit percobaan terdiri atas dua botol kultur yang ditanam 2 nodus krisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Media ½ MS dengan penambahan 20 gram sukrosa dan 3 g/L pupuk daun, media MS full dan ½ MS dengan sukrosa 30 gram merupakan media terbaik untuk multiplikasi tunas krisan (Chrysanthemum sp.) karena menghasilkan tunas terbanyak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 May 2024 03:44
Last Modified: 31 May 2024 03:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18318

Actions (login required)

View Item View Item