PENGARUH KONSENTRASI ZINC DALAM PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS PAITAN (Tithonia diversifolia L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.)

Siska, Hardianti and Fahrurrozi, Fahrurrozi and Hasanudin, Hasanudin (2022) PENGARUH KONSENTRASI ZINC DALAM PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS PAITAN (Tithonia diversifolia L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_SISKA_HARDIANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Jagung manis (Zea mays saccharata Sturt.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Jagung manis telah banyak dikenal oleh masyarakat karena memiliki umur panen yang genjah yaitu sekitar 70-80 hari (Sari, 2014). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konsentrasi Zn yang optimum dalam pembuatan POC dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal dengan perlakuan konsentrasi Zn dalam pembuatan pupuk organik cair (POC), Zn terdiri atas 5 taraf: K0= 0 ppm, K1= 25 ppm, K2= 50 ppm, K3= 75 ppm, dan K4= 100 ppm. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali dengan setiap unit perlakuan memiliki3 tanaman sampel, sehingga total keseluruhannya 5 x 4 x 3= 60 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi Zn 25 ppm dan 75 ppm dalam pupuk organik cair memiliki pertumbuhan yang tidak jauh berbeda pada variabel tingi tanaman, jumlah daun, diameter, bobot basah akar, bobot kering akar, luas daun, bobot basah batang dan bobot kering akar. Pada hasil tanaman jagung perlakuan konsentrasi Zn pada dosis 50 ppm dan 75 ppm memiliki hasil yang tidak jauh berbeda pada variabel bobott tongkol kelobot, bobot tongkol tanpa kelobot, diameter tongkol dan panjang tongkol.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 May 2024 03:53
Last Modified: 31 May 2024 03:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18321

Actions (login required)

View Item View Item