SISTEM PAKAR MENENTUKAN KEKURANGAN UNSUR HARA DAN PENGGUNAAN PUPUK PADA TANAMAN JAGUNG PASCA PENANAMAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (FC)

Fauzi, Ahmad and Desi, Andreswari and Bambang, Gonggo M (2018) SISTEM PAKAR MENENTUKAN KEKURANGAN UNSUR HARA DAN PENGGUNAAN PUPUK PADA TANAMAN JAGUNG PASCA PENANAMAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (FC). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SIPAJAGUNG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di dunia. Indonesia salah satu negara yang memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor Pertanian, maka diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil panen salah satunya dengan melakukan pemupukan yang baik dan benar. tanaman jagung sangat rentan dengan kekurangan unsur hara, Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Sistem pakar menentukan kekurangan unsur hara dan penggunaan pupuk pada tanam jagung pasca penanaman menggunakan metode forward chaining (FC). Gejala yang terdapat pada sistem sebanyak 32 gejala dari seluruh gejala yang ada baik pada daun, batang, akar dan tongkol jagung. Sistem pakar ini dibuat menggunakan MySQL sebagai database, PHP (Hypertext Preprocessor) untuk bahasa pemrograman dan UML (Unified Modeling Languange ) sebagai pemodelan perancangan perangkat lunak (software). Pengujian sistem dilakukan dengan dua tahap yaitu Black Box Testing dan White Box Testing, sedangkan untuk pengujian kelayakan sistem menggunakan Skala Liker dan Probabiltas Klasik. Jumlah responden yang diajukan sebanyak 31 orang, kuesioner terdiri atas 8 pertanyaan. 4 tentang tampilan sistem dan 4 tentang kemudahan menggunakan sistem. perolehan yang didapat untuk tampilan sistem dengan rata-rata persentase 90.49 % termasuk ke dalam interval ”Sangat Baik” , kemudahan menggunakan aplikasi dengan rata-rata persentase sebesar 82,67 % termasuk ke dalam interval ” Baik” dan hasil dari uji kelayakan diperoleh presentase sebesar 53,12 % jadi sistem dapat dikatakan Layak. Kata kunci : Forward Chaining, MySQL, PHP, Unsur Hara, Tanaman Pangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:36
Last Modified: 23 Apr 2019 04:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18322

Actions (login required)

View Item View Item