PENYELESAIAN KREDIT MACET USAHA MIKRO MELALUI EKSEKUSI AKTA PENGAKUAN HUTANG PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT RATU SAMBAN KOTA BENGKULU

ALINE, ALINE RUZVA PUTRI and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Candra, Irawan (2022) PENYELESAIAN KREDIT MACET USAHA MIKRO MELALUI EKSEKUSI AKTA PENGAKUAN HUTANG PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT RATU SAMBAN KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tesis Aline Ruzva Edited 03 agustus 2022 (1) (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penyelesaian kredit usaha mikro melalui akta pengakuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelesaian kredit dan menganalisis hambatan dalam penyelesaian kredit macet. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, yang mana dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Kemudian data di analisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Grosse akta pengakuan hutang dalam penyelesaian eksekusi jaminan kredit mempunyai keuntungan yaitu menghemat waktu, menghemat biaya dan menimbulkan kepastian hukum. Hambatan dan faktor pelaksanaan eksekusi grosse akta pengakuan hutang antara lain, yaitu : Hambatan yang datangnya dari pihak yang dieksekusi atau pihak yang dikalahkan dalam suatu perkara yang dalam bahasa Belanda dikenal dengan sebutan geexcecuteerde, intervensi pihak ketiga., upaya hukum lain dari pihak yang dikalahkan berupa banding. Kata Kunci: Kredit, Usaha Mikro, Akta Pengakuan Hutang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:24
Last Modified: 10 Jun 2024 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18327

Actions (login required)

View Item View Item