SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN PEMETAAN DALAM PEMILIHAN PENGINAPAN DI KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus : Kota Bengkulu)

TERNANDO, AMRI JS and Rusdi, Efendi and Endina, Putri Purwandari (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN PEMETAAN DALAM PEMILIHAN PENGINAPAN DI KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus : Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
skripsi-nando-GO4.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penginapan adalah rumah tempat bermalam. adapun jenis penginapan yaitu hotel, guest house, motel, home stay, losmen dan lain-lain. Kota Bengkulu dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi, bahkan memiliki potensi alam untuk dikembangkan menjadi Kota pariwisata, maka para wisatawan sangat membutuhkan penginapan selama mereka berada di Kota Bengkulu. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dengan pemetaan dalam pemilihan penginapan di Kota Bengkulu menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), dapat mempermudah pengunjung dalam mencari penginapan di Kota Bengkulu sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Data penginapan yang dimasukan ke sistem ada 52 pengianapan yang menjadi alternatif dan 4 kriteria. Pengujian fungsional pada sistem ini menggunakan Black Box Testing dan pengujian ini mendapatkan nilai keberhasilan fungsional sistem sebesar 100% dari 19 skenario pengujian. Sistem ini juga telah melakukan pengujian kualitatif menggunakan kuesioner sebagai tolak ukur keberhasilan sistem untuk pengguna. Kuesioner ditujukan kepada 30 orang masyarakat umum, ada 10 pertanyaan 4 tentang tampilan pesentase 88,33%, 4 tentang kemudahan pengguna pesentase 91%, dan 2 tentang kinerja sistem pesentase 85,33% sehingga sistem bisa dikatakan berhasil. Kata Kunci : Penginapan, Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan, Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 23 Apr 2019 05:08
Last Modified: 23 Apr 2019 05:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18327

Actions (login required)

View Item View Item