COLLABORATIVE FILTERING UNTUK REKOMENDASI CINDERAMATA KHAS BENGKULU BERBASIS E-MARKETPLACE (Studi Kasus : Promosi Penjualan Cinderamata Kota Bengkulu)

ARYANI, ARYANI and Boko, Susilo and yudi, Setiawan (2018) COLLABORATIVE FILTERING UNTUK REKOMENDASI CINDERAMATA KHAS BENGKULU BERBASIS E-MARKETPLACE (Studi Kasus : Promosi Penjualan Cinderamata Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
G1A014006_ARYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

E-marketplace adalah salah satu solusi dari strategi pemasaran cinderamata khas Bengkulu yaitu media online berbasis internet untuk kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pada penelitian sebelumnya telah dibangun sistem rekomendasi produk sepatu dengan menggunakan metode collaborative filtering untuk merekomendasikan produk sepatu yang sesuai dengan selera pelanggan sehingga memudahkan dalam memilih produk yang akan dibeli. Akurasi prediksi penelitian sebelumnya mencapai nilai 95,68 % sehingga telah membuktikan bahwa perangkat lunak tersebut telah memenuhi fungsionalitas dan sesuai dengan kebutuhan. Pada penelitian ini akan dibangun sistem informasi menggunakan codeigniter yang mampu merekomendasikan cinderamata khas Bengkulu berbasis e-marketplace. Penelitian ini menggunakan metode collaborative filtering dimana sistem merekomendasikan produk berdasarkan jumlah lihat, ulasan dan rating terbanyak. Metode ini bertujuan memprediksi item tertentu untuk seorang pengguna berdasarkan preferensi pengguna sebelumnya dan opini dari pengguna lain yang mirip. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi rekomendasi cinderamata khas Bengkulu berbasis e-marketplace yang di uji menggunakan metode pengujian blackbox dengan hasil 100% berhasil dan memperoleh nilai user experience sangat baik yaitu sebesar 90,752% pada pengujian usability testing. Kata kunci : E-marketplace, Collaborative Filtering, MySQL, PHP, Cinderamata.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:32
Last Modified: 23 Apr 2019 07:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18329

Actions (login required)

View Item View Item