ANALISIS PELAYANAN PENYALURAN KREDIT USAHA KECIL DAN MENENGAH OLEH BANK SYARIAH

Indawati, Dwi and Loesida , Roeliana and Budiyono , Budiyono (2010) ANALISIS PELAYANAN PENYALURAN KREDIT USAHA KECIL DAN MENENGAH OLEH BANK SYARIAH. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Dwi Indawati ok.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pelayanan Penyaluran Kredi Usaha Kecil dan Menengah oleh Bank Syariah”. Permasalahan yang diteliti adalah Bagaimanakah Pelayanan Penyaluran Kredit Usaha Kecil dan Menengah oleh Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data tentang Pelayanan Penyaluran Kredit Usaha kecil dan Menengah oleh Bank Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan, dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Sasaran penelitian terdiri dari informan yang memberikan pelayanan sebanyak 4 orang dan responden yang mendapatkan pelayanan sebanyak 10 orang. Dalam penelitian ini hanya ada satu variabel tunggal yakni Pelayanan Penyaluran Kredit Usaha Kecil dan Menengah oleh Bank Syariah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan penyaluran kredit usaha kecil dan menengah oleh Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan mengacu pada aspek yang berkeadilan, kemudahan dan kemanfaatan. Aspek keadilan diukur melalui indikator yang meliputi memberikan kredit secara antrian, memberikan kesempatan bagi setiap golongan usaha dan tidak memandang perbedaan keyakinan/agama. Aspek kemudahan diukur melalui indikator yang meliputi:nasabah dapat mengetahui informasi dengan mudah dan jelas serta prosedur yang mudah. Aspek kemanfaatan diukur melalui indikator yang meliputi:menguntungkan kedua belah pihak dan kerugian yang ditanggung bersama. Meskipun pelaksanaannya telah sesuai dengan aspek yang berkeadilan, kemudahan dan kemanfaatan tetapi belum optimal. Karena itu, perlu pembenahan demi terciptanya pelayanan yang berkualitas. Maka saran yang peneliti ajukan antara lain adalah perlu dilakukan langkah-langkah kongkrit untuk lebih menunjukkan adanya transparansi dalam hal penyaluran kredit di BMI Cabang Bengkulu. Perlu diupayakan komunikasi yang intensif antar petugas dan nasabah dalam setiap proses tahapan penyaluran kredit dimulai dari permohonan pembiayaan hingga pencairan dana, dengan demikian ada keharmonisan dalam upaya menyalurkan dana / kredit secara efektif, terbuka / transparan, adil dan tidak diskriminatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Nov 2013 19:07
Last Modified: 22 Nov 2013 19:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item