PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKSARA KOREA (HANGUL) (Studi Kasus pada Komunitas Bengkulu Korean Fan Club / BKFC)

MAHARANI, DIAN and Rusdi, Efendi and Asahar, Johar (2018) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKSARA KOREA (HANGUL) (Studi Kasus pada Komunitas Bengkulu Korean Fan Club / BKFC). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_G1A011033_DIAN MAHARANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Bahasa asing yang paling banyak digunakan dan dipelajari adalah Bahasa Inggris. Namun, akan menjadi sebuah kelebihan jika seseorang mampu berbahasa dalam bahasa asing selain Bahasa Inggris. Salah satu bahasa asing yang diminati adalah Bahasa Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan augmented reality dengan menggunakan metode marker based tracking pada platform Android dalam merancang dan membangun media pembelajaran pengenalan aksara Korea (Hangul). Sebagai studi kasus, aplikasi ini diuji coba pada Komunitas Bengkulu Korean Fan Club (BKFC). Jumlah marker pada penelitian ini adalah sebanyak 24 marker, dengan masing-masing marker mewakili satu aksara Korea (Hangul). Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograma Java pada IDE (Lingkungan Pengembangan Terpadu - Integrated Development Environment) Android Studio. Metode pengembangan sistem dengan menggunakan model Waterfall dan pemodelan perancangan perangkat lunak (software) dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Dilakukan beberapa pengujian untuk mengetahui seberapa baik aplikasi dapat digunakan dan mendapat hasil yang menunjukkan bahwa (1) Aplikasi dapat dijalankan dengan baik untuk jenis smartphone yang berbeda; (2) Skala ukuran marker yang paling optimal untuk mengenali marker adalah ukuran 7,5 x 7,5 cm; (3) Jarak deteksi marker yang paling optimal untuk mengenali marker adalah pada rentang jarak 20 – 40 cm. Kata Kunci : Augmented Reality, Aksara Korea, Hangul

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:49
Last Modified: 23 Apr 2019 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item View Item