PERSEPSI APARAT PENEGAK HUKUM DI KOTA BENGKULU TERHADAP ADVOKAT YANG MENGHALANG-HALANGI PROSES PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KORUPSI

Leztari, Septiani and Agusalim, Agusalim and Ria, Anggraeni Utami (2023) PERSEPSI APARAT PENEGAK HUKUM DI KOTA BENGKULU TERHADAP ADVOKAT YANG MENGHALANG-HALANGI PROSES PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KORUPSI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - LEZTARI SEPTIANI (B1A018063) - Leztari Septiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mendeskripsikan tentang fenomena yang terjadi pada saat proses penyelesaian tindak pidana korupsi banyaknya cara-cara yang dilakukan advokat untuk menghalang-halangi, menghambat, atau menggagalkan proses penyelesaian tindak pidana korupsi di Kota Bengkulu. Pada skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian hukum empiris bersifat deskriptif, pada skripsi ini perbuatan menghalang-halangi proses penyelesaian tindak pidana korupsi merupakan perbuatan melanggar hukum dimana akibatnya jika perbuatan itu dilakukan akan menimbulkan lambatnya proses penyelesaian perkara, perkara menjadi terhalang-halangi bahkan sampai menggagalkan proses peradilan. Adapun persepsi Aparat Penegak Hukum hampir sama baik dari segi penyelesaiannya ataupun bentuk-bentuk kategorinya bahwa mereka akan memproses advokat yang melakukan perbuatan menghalang-halangi proses penyelesaian tindak pidana korupsi, bentuk-bentuk kategori menghalang-halangi adalah a)memberikan keterangan sakit palsu, b) memberikan jawaban tidak sebenarnya, c) menyembunyikan terdakwa d) menyuap hakim e) menskenariokan peristiwa dan lain sebagainya. Kesimpulan pada skripsi ini adapun upaya Aparat Penegak Hukum dalam menindaklanjuti kasus tersebutpun memiliki persepsi yang hampir sama yakni diberikan teguran secara tidak tertulis selama tiga kali teguran jika tidak menghiraukan teguran tersebut akan diproses secara hukum. Kata Kunci : Perbuatan menghalangi, persepsi, upaya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:42
Last Modified: 04 Jun 2024 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18343

Actions (login required)

View Item View Item