PENGARUH PEMBERIAN ASAM HUMAT DAN PUPUK MIKRO MAJEMUK TERHADAP POPULASI MIKROORGANISME TANAH DAN HASIL PADI GOGO DI LAHAN PESISIR

Nova, Angelina Br. Sibagariang and Yudhi, Harini Bertham and Heru, Widiyono (2022) PENGARUH PEMBERIAN ASAM HUMAT DAN PUPUK MIKRO MAJEMUK TERHADAP POPULASI MIKROORGANISME TANAH DAN HASIL PADI GOGO DI LAHAN PESISIR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI - Nova Angelina Br. Sibagariang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Lahan pesisir merupakan lahan tergolong marginal yang memiliki tingkat kesuburan tanah rendah, peka terhadap erosi, aktivitas mikroorganisme tanah rendah, dan kapasitas menahan air rendah. Hal tersebut menyebabkan daya dukung untuk pertumbuhan tanaman menjadi tergangu. Namun demikian, melalui teknologi yang tepat lahan pesisir berpotensi untuk dikembangkan sebagai lahan budidaya pertanian. Penambahan asam humat dan pupuk mikro majemuk diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan lahan pesisir tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian asam humat dan pupuk mikro majemuk terhadap populasi mikroorganisme tanah dan hasil padi gogo di lahan pesisir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Desember 2021 di Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini disusun dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dua faktor dengan 2 faktor. Faktor pertama ialah asam humat yaitu dari A0 = tidak diberi asam humat, A1 = 8 l Ha-1 , dan A2 = 16 l Ha-1 . Faktor lainnya ialah pupuk mikro majemuk yaitu M0 = tidak diberi pupuk mikro majemuk, dan M1 = 70 g Ha-1 . Aplikasi asam humat mampu menstimulasi populasi mikroorganisme tanah sebesar 38,91 % , dan penambahan pupuk mikro majemuk menghasilkan bobot per petak sebesar 26,69 %. Sehingga berdasarkan hasil penelitian disaran kan untuk uji multi menggunakan asam humat dosis 8 l Ha-1 dan pupuk mikro majemuk dosis 70 g Ha-1 pada lahan pesisir yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:47
Last Modified: 04 Jun 2024 02:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18345

Actions (login required)

View Item View Item