IMPLEMENTASI ALGORITMA RULE BASED PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERIODIK UNSUR BERGENRE ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 5 KOTA BENGKULU

NANDA, TRI YASWAN and Boko, Susilo and Andang, Wijanarko (2023) IMPLEMENTASI ALGORITMA RULE BASED PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERIODIK UNSUR BERGENRE ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis Informatika)
SKRIPSI - Nanda Tri Yaswan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Teknologi telah berkembang dan memasuki banyak aspek kehidupan manusia, seperti pendidikan. Terdapat beberapa masalah para siswa ketika proses pembelajaran di kelas seperti kebosanan. Salah satu kemampuan guru untuk mengubah kegiatan pembelajaran adalah dengan membuat media pembelajaran. Salah satu mata pelajaran kimia kelas X adalah materi sistem periodik unsur (SPU). Algoritma rule based pada game RPG (Role Playing Game) juga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, sehingga mereka lebih bersemangat dalam mempelajari materi tersebut. Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah jenis penelitian yang digunakan untuk membuat produk dan menguji kinerjanya. Game edukasi yang berfokus pada materi SPU adalah produk yang dikembangkan dalam penelitian ini. Dengan algoritma rule based, efektivitas pada media pembelajaran RPG siswa kelas X MIPA terkait sistem periodik unsur memiliki tingkat kegunaan yang baik sehingga disimpulkan bahwa media ini sudah sesuai dan efektif dalam pembelajaran, ini dibuktikan dengan uji tingkat usability dengan skor rata-rata = 80,14. Hasil uji dan hasil post-test setelah menggunakan media pembelajaran menunjukkan ada peningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 5 Kota Bengkulu. Perbandingan dilakukan antara kelas eksperimen (menggunakan media) dan kelas kontrol (tanpa media), dengan nilai eksperimen rata-rata = 52,08 dan nilai kontrol rata-rata = 48,16. Kata kunci: media pembelajaran, algoritma rule based, sistem periodik unsur, role playing game.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:55
Last Modified: 11 Jun 2024 04:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item View Item