SISTEM REKOMENDASI PARIWISATA KOTA BENGKULU BERDASARKAN SENTIMENT ANALYSIS DAN RATING DENGAN PEMODELAN VIRTUAL REALITY

PRANATA, IIT and Aan, Erlanshari and yudi, Setiawan (2018) SISTEM REKOMENDASI PARIWISATA KOTA BENGKULU BERDASARKAN SENTIMENT ANALYSIS DAN RATING DENGAN PEMODELAN VIRTUAL REALITY. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
LAPORAN - SISTEM REKOMENDASI PARIWISATA KOTA BENGKULU BERDASARKAN SENTIMENT ANALYSIS DAN RATING DENGAN PEMODELAN VIRTUAL ~1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Sistem rekomendasi merupakan sistem yang dapat memberikan saran atau rekomendasi mengenai objek wisata yang ada di kota Bengkulu. Objek wisata yang direkomendasikan merupakan hasil dari rating dan ulasan dengan mengimplementasikan virtual reality 360° kepada wisatawan agar lebih nyaman dan leluasa melihat keadaan yang ada di sekitar objek wisata secara virtual. Oleh karena itu pada penelitian ini, sistem rekomendasi yang menggunakan metode Collaborative Filtering bekerja dengan cara mengumpulkan timbal balik dalam bentuk rating dari objek wisata pada cakupan tertentu dan mencari kemiripan pada tingkah laku rating beberapa pengguna untuk menentukan rekomendasi terhadap suatu objek wisata. Untuk mengetahui rekomendasi dari ulasan tempat pariwisata tersebut, dibutuhkan sesuatu analisis sentimen yang dapat menghitung nilai dari ulasan yang diberikan pengguna dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Selain itu terdapat teknologi baru di bidang photography, ditemukan teknik pengambilan gambar dengan sudut 360° yang menghasilkan panorama spherical atau sering disebut dengan photosphere yang nanti di gunakan untuk mengambil foto lokasi objek wisata. Sehingga didapatlah hasil pengujian kuantitas (black box) sebesar 100% skenario uji fungsional sistem dan pengujian kualitas (usability) sebesar 75,96% atas kepuasan pengguna. Kata kunci : Sistem Rekomendasi, Collaborative Filtering, K-Nearest Neighbor, Vitrual Reality 360°, usability test.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:54
Last Modified: 24 Apr 2019 02:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18369

Actions (login required)

View Item View Item