EVALUASI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA E-LEARNING MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS ( Studi Kasus : Mata Kuliah PPRPL TI UNIB )

AL-AZAM, JA’FAR NASHRUDDIN and Endina, Putri Purwandari and Ernawati, Ernawati (2018) EVALUASI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA E-LEARNING MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS ( Studi Kasus : Mata Kuliah PPRPL TI UNIB ). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_G1A013043.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda dalam gaya belajar, sehingga perlu digunakan sistem e-Learning yang mampu untuk mengakomodasi permasalahan perbedaan karakteristik gaya belajar mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membangun e-Learning menggunakan Fuzzy C-Means untuk pengelompokkan secara keseluruhan dan per gaya belajar serta mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa dengan teori Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) untuk mendapatkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Gaya belajar mahasiswa yang diidentifikasi adalah Sensory, Intuitive, Feeling, dan Thinking dengan data awal 60 quesioner berdasarkan teori MBTI. Hasil dari penelitian ini berhasil mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa dengan teori MBTI pada mahasiswa Teknik Informatika Universitas Bengkulu. Proses clustering berdasarkan 5 kriteria, yaitu: nilai pretest, nilai posttest, waktu pengerjaan pretest, waktu pengerjaan posttest, dan waktu membaca materi. Dan hasil perhitungan fuzzy, yaitu Kurang terdapat 8 mahasiswa, Sedang terdapat 24 mahasiswa, dan Baik terdapat 10 mahasiswa. Kata kunci: Gaya Belajar, E-Learning, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), Fuzzy C-Means, Clustering

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 24 Apr 2019 03:00
Last Modified: 24 Apr 2019 03:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18370

Actions (login required)

View Item View Item