ANALISIS NILAI-NILAI HUMANISME DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE

Agresti, Lise and Emi, Agustina and Amril, Canrhas (2018) ANALISIS NILAI-NILAI HUMANISME DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Analisis Nilai-nilai Humanisme Dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (753kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persoalan-persoalan dalam novel dan mendeskripsikan nilai-nilai humanisme dalam novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian yang di ambil dalam penelitian ini berupa teks mengenai nilai-nilai humanisme dan sumber data penelitian ini adalah novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Tere Liye, terbitan republika, bandung pada tahun 2009 dengan tebal 425 halaman. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka atau studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu mengungkapkan persoalan yaitu manusia terkadang menilai bahwa hal buruk yang terjadi dalam hidupnya karena ketidak-adilan dari Sang Penggaris takdir kehidupan dan pada akhirnya sering kali melampiaskan pada hal buruk misalnya kekerasan fisik ataupun verbal terhadap orang lain, padahal menerima takdir-Nya seperti seharusnya dapat memberikan sebuah ketenangan jiwa seperti peduli dan tolong menolong. Nilai-nilai humanisme berupa menjadi pribadi yang mengetahui keadaan diri dan selalu merasa cukup atas semua hal yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 03 Jun 2019 01:31
Last Modified: 03 Jun 2019 01:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18385

Actions (login required)

View Item View Item