SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH SMARTPHONE UNTUK MOBILE GAME MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

FURQON, AFFANDI and Ruvita, Faurina and Andang, Wijanarko (2023) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH SMARTPHONE UNTUK MOBILE GAME MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis informatika)
BAB 1 - 6 FULL - Furqon Affandi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Smartphone merupakan salah satu perangkat teknologis pilihan masyarakat Indonesia zaman sekarang karena sifatnya yang serbaguna, baik sebagai alat komunikasi maupun sarana hiburan dengan harga yang cenderung lebih terjangkau bila dibandingkan dengan laptop atau PC. Salah satu hiburan utama yang dapat diberikan oleh smartphone adalah mobile game yang umumnya dapat diunduh dan dimainkan secara gratis. Namun masyarakat seringkali kebingungan memilih smartphone mana yang paling tepat untuk memainkan mobile game, mengingat masyarakat Indonesia cenderung memiliki pendapatan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya, terutama negara-negara maju. Maka dari itu, diperlukanlah sebuah sistem yang mampu merekomendasikan smartphone yang tepat untuk memainkan mobile game sesuai dengan budget yang dimiliki. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode weighted product sebagai metode pengambilan keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem rekomendasi smartphone berbasis web yang dapat menampilkan daftar smartphone Android beserta gambar dan spesifikasinya yang mengacu pada spesifikasi minimal yang diperlukan mobile game yang dipilih dan budget yang dimiliki user. Spesifikasi smartphone Android yang digunakan adalah GPU, chipset, RAM, ukuran layar, resolusi layar, baterai, memori internal, dan harga smartphone. Sedangkan spesifikasi minimal suatu smartphone untuk memainkan mobile game yang digunakan meliputi GPU, chipset, RAM, dan ukuran game itu sendiri. Kata Kunci: Sistem, Rekomendasi, Smartphone, Mobile Game, Weighted Product.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:28
Last Modified: 14 Jun 2024 03:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18388

Actions (login required)

View Item View Item