APLIKASI AR-HB (AUGMENTED REALITY AND HISTORICAL BUILDING) SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENGENALAN BANGUNAN BERSEJARAH DI KOTA BENGKULU

M. S. OKRIYANTO, M. S. OKRIYANTO and Aan, Erlanshari and Ernawati, Ernawati (2018) APLIKASI AR-HB (AUGMENTED REALITY AND HISTORICAL BUILDING) SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENGENALAN BANGUNAN BERSEJARAH DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
[Skripsi]_[M.S.Okriyanto]_[G1A013027].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Kota Bengkulu memiliki banyak peninggalan - peninggalan arkeologis yang sangat berpotensial untuk dimanfaatkan, antara lain sebagai obyek wisata. Objek wisata tersebut seperti bangunan pertahanan, bangunan pemerintahan, bangunan religi, dan bangunan hunian. Salah satu cara untuk melestarikan dan melindungi bangunan bersejarah tersebut adalah dengan promosi untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bangunan bersejarah yang ada di Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi mobile AR-HB (Augmented Reality And Historical Building) dalam memperkenalkan atau promosi bangunan bersejarah di Kota Bengkulu dan mengimplementasikan teknologi Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking) sebagai media pengenalan bangunan bersejarah Kota Bengkulu. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C#, Vuforia sebagai database marker, dan UML sebagai pemodelan perancangan perangkat lunak (software). Sebagai masukan berupa data marker dari bangunan bersejarah. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi AR-HB yang dapat menampilkan bangunan bersejarah yang dilengkapi peta lokasi, informasi bangunan berserjarah serta dokumentasi berupa gambar 360 derajat. Pengujian kelayakan software menggunakan metode white box dan black box dengan beberapa requirement uji. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, secara fungsional aplikasi sudah sesuai, layak, dan dapat digunakan sebagai media promosi dan pengenalan bangunan bersejarah di kota Bengkulu Kata Kunci : Augmented Reality, Bangunan Bersejarah Kota Bengkulu, Marker Based Tracking, Android.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 24 Apr 2019 03:56
Last Modified: 24 Apr 2019 03:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18388

Actions (login required)

View Item View Item