ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) ( Studi Kasus : Aplikasi BRImo Nasabah BRI Kabupaten Mukomuko )

Vina, Rahmawati and Rusdi, Efendi and Desi, Andreswari (2023) ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) ( Studi Kasus : Aplikasi BRImo Nasabah BRI Kabupaten Mukomuko ). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis sistem informasi)
SKRIPSI_VINA_RAHMAWATI_G1F017013 - Raffli Pamungkas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Aplikasi BRImo merupakan aplikasi internet dan mobile banking BRI terbaru berbasis data internet yang memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non-nasabah BRI untuk dapat bertransaksi dengan User Interface dan User Experience terbaru serta fitur�fitur menarik lainnya dengan pilihan sumber dana setiap transaksi dapat menggunakan Giro/Tabungan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, survei dan studi literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna BRImo yang ada di kabupaten Mukomuko yang berjumlah 99 nasabah. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model User Experience Questionnaire (UEQ). Berdasarkan hasil pengolahan data dari 99 responden denganmenggunakan statistik deskriptif pada masing-masing atribut yang mengukur user experience dengan UEQ diketahui aplikasi BRImo mendapatkan nilai evaluasi positif. Berdasarkan hasil benchmark nilai yang didapat pada masing-masing variabel UEQ dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool diketahui bahwa variabel attractiveness/daya tarik (mean 2,19), perspicuity/kejelasan (mean 2,22), efficiency/efisiensi (mean 2,06), dependability/ketepatan (mean 2,00) dan stimulation/stimulasi (mean 2,13) mendapatkan nilai excellent (bagus sekali). sedangkan novelty/kebaruan (mean 0,45) mendapatkan nilai below average (dibawah rata- rata). Analisis dengan menggunakan UEQ menunjukkan user experience dari pengguna aplikasi BRImo sudah baik, namun masih perlu dilakukan perbaikan pada skala novelty/kebaruan dengan cara meningkatkan layanan BRImo yang berdaya cipta, terdepan dan melakukan inovasi agar menghasilkan suatu hal baru yang dapat meningkatkan kesan pengguna sehingga nilai pada skala novelty dapat menjadi lebih baik. Kata Kunci: pengalaman pengguna, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:40
Last Modified: 14 Jun 2024 03:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18391

Actions (login required)

View Item View Item