KLASIFIKASI TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT 8 DENGAN METODE NORMALIZED DIFFERENT VEGATATION INDEX (NDVI) DI KABUPATEN KAUR

RIZKI, CAHYA AKBAR and Aan, Erlanshari and Nurul, Renaningtias (2023) KLASIFIKASI TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT 8 DENGAN METODE NORMALIZED DIFFERENT VEGATATION INDEX (NDVI) DI KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis informatika)
skripsi Rizki Cahya Akhbar - Riski Bkl.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penutupan lahan adalah segala bentuk kenampakan visual permukaan bumi Bentuk visual permukaan bumi berupa kenampakan material fisik permukaan bumi yang menggambarkan keterkaitan antara proses alami dan proses sosial. Selain itu, tutupan lahan lebih mengacu pada tipe vegetasi yang ada pada lahan tertentu. Oleh karena itu proses identifikasi, pemantauan dan evaluasi penutup lahan perlu dilakukan disetiap periode tertentu. Kabupaten Kaur memiliki luas lahan 236,300.00 Ha. Kabupaten Kaur sebagian wilayahnya merupakan kawasan hutan dan kawasan pantai. Penutupan atau penggunaan lahan di Kabupaten Kaur secara garis besar dapat dikelompokan menjadi padang alang– alang, kebun campuran, hutan skunder, hutan primer, areal pemukiman, perkebunan rakyat, areal persawahan/pertanian, semak belukar, tegalan/ladang dan penggunaan lainnya. Informasi tutupan lahan terbaru berupa peta dapat diperoleh melalui teknik penginderaan jauh. Citra landsat bisa diakses dengan gratis melalui situs resmi USGS, sehingga banyak sekali penelitian ataupun tutupan lahan menggunakan citra landsat untuk mendukung hasil penajaman satelit berdasarkan kompenen vegetasi menggunakan salah satu metode yaitu metode NDVI. Cara hitung nilai index vegetasi NDVI yaitu dihitung sebagai rasio pantulan yang terukur dari band merah (R) dan band Inframerah (NIR) pada spektrum gelombang elektromagnetik. Dalam penelitian ini akan digunakan teknologi penginderaan jauh untuk mengetahui korelasi spasial pada landsat 8 dengan nilai index vegetasi NDVI untuk menganalisis kelas tutupan lahan. Studi kasus dilakukan di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Bagaimana mengetahui perubahan tutupan lahan di Kabupaten Kaur tahun 2018 -2022 dan Bagaimana merancang sebuah sistem dan mengklasifikasikan tutupan lahan menggunakan metode NDVI di Kabupaten Kaur. Berdasarkan latar belakang diatas maka diperlukannya suatu klasifikasi untuk mengetahui perubahan tutupan lahan menggunakan metode NDVI pada landsat 8. Kelas klasifikasi pada penelitian ini yaitu hutan dan perkebunan. Berdasarkan hasil penelitian pada satelit citra landsat 8 dengan menggunakan metode normalized different vegetation index maka dapat disimpulkan bahwa. Terdapatnya peta klasifikasi tutupan lahan Kabupaten Kaur pada tahun 2018 – 2022 dengan 3 jenis klasifikasi tutupan lahan. 2. Tingkat kerapatan vegetasi di Kabupaten Kaur adalah rapat dengan nilai vegetasi 0.45 – 1.00 yaitu hutan, sedangkan vegetasi 0.40 – 0.45 adalah perkebunan dan vegetasi 0.30 – 0.40 lahan terbuka. Kata Kunci : Tutupan Lahan, NDVI, Klasifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:52
Last Modified: 14 Jun 2024 07:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item