ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA BIDANG PENCATATAN SIPIL

Angelia, Indah and Loesida , Roeliana and Syamsurizal, Syamsurizal (2010) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA BIDANG PENCATATAN SIPIL. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Inda Skripsi Ok-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu”. Permasalahan yang diteliti adalah Bagaimanakah Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu telah terlaksana dengan maksimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan, dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Informan dipilih sesuai dengan sasaran penelitian, sebanyak 20 orang, yaitu 3 orang pegawai bidang catatan sipil serta 17 orang masyarakat yang telah atau sedang membuat akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa kualitas pelayanan pada bidang catatan sipil masih tergolong rendah dimana dapat dilihat dari efisiensi waktu dan biaya pelayanan. Akuntabilitas pelayanan yang masih sangat rendah, hal ini disebabkan karena pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih mengacu pada aturan petunjuk pelaksana. Pada orientasi terhadap pelayanan sudah cukup baik dilihat dari keberadaan pegawai, tetapi jika dilihat dari prosedur pelayanan masih dianggap masyarakat memberatkan terutama persyaratan yang ada. Pada fasilitas pelayanan sangat dirasakan kurang dan responsivitas telah dimiliki oleh pegawai, tetapi belum dapat memberikan kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat. Secara keseluruhan Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu cukup baik, tetapi belum optimal dikarenakan banyaknya kelemahan- kelemahan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Nov 2013 22:31
Last Modified: 22 Nov 2013 22:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item