PENGARUH PERUBAHAN BADAN SUNGAI UNTUK MENGHITUNG RESIKO BANJIR DENGAN MENGGUNAKAN CITRA REMOTE SENSING (Studi Kasus : Sungai di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah)

MUHAMMAD, HAFIZ AFIF and Arie, Vatresia and Ferzha, Putra Utama (2023) PENGARUH PERUBAHAN BADAN SUNGAI UNTUK MENGHITUNG RESIKO BANJIR DENGAN MENGGUNAKAN CITRA REMOTE SENSING (Studi Kasus : Sungai di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis informatika)
naskah untuk cetak skripsi 2 - Muhammad Afif.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Secara umum banjir adalah suatu kejadian dimana air didalam saluran meningkat dan melampaui kapasitas daya tampungnya. Bencana banjir merupakan bencana alam paling sering terjadi di Provinsi Bengkulu, baik dilihat dari intensitasnya pada suatu tempat maupun jumlah lokasi kejadian dalam setahun yaitu sekitar 40% di antara bencana alam yang lain. Kawasan Daerah Aliran Sungai Air Bengkulu seluas 51.499 Ha yang secara administratif terletak pada dua Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu. Rusaknya kawasan hulu sejumlah sungai sebagai penyebab utama akibat alih fungsi kawasan hutan. Salah satu teknologi penginderaan jauh yang bisa dipakai untuk melakukan analisis perubahan badan sungai adalah citra landsat-7 dan landsat-8. Untuk menentukan daerah rawan banjir kota Bengkulu ialah dengan memanfaatkan penginderaan jauh menggunakan metode Normalized Difference Water. Dengan ini penulis mencoba untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh perubahan badan sungai untuk menghitung resiko banjir dengan menggunakan citra remote sensing (Studi Kasus : Sungai di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah). Hasil dari penelitian ini berhasil memperoleh perhitungan badan sungai di 20 titik di das sepanjang tahun 2000-2023 dengan klasifikasi penghitungan badan sungai dengan citra satelit landsat-7 dan landsat-8 menggunakan metode Normalized Difference Water Index (NDWI), masing – masing tahun dari tahun 2000 hingga tahun 2023. Kata Kunci : DAS, Penginderaan Jauh, Citra Remote Sensing, NDWI

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:22
Last Modified: 14 Jun 2024 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18400

Actions (login required)

View Item View Item