PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN KARTU TRUTH AND DARE DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Sinaga, Tiara Nitaria and Nurhamidah, Nurhamidah and Dewi, Handayani (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN KARTU TRUTH AND DARE DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI TIARA NITARIA SINAGA_A1F015030.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar kimia siswa materi sifat periodik unsur pada dua kelas X MIPA di SMA Negeri 02 Mukomuko dengan media permainan kartu Truth and Dare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi kelas X MIPA di SMAN 2 Mukomuko dan sampel adalah kelas X MIPA 2 dan kelas X MIPA 3. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X Mipa 3 sebagai kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas X MIPA 2 sebagai eksperimen menggunakan media truth and dare. Analisa data yang digunakan yaitu nilai rata-rata postest, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest dengan rata-rata 39,36 dan 47,74 untuk kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen 26,67 dan 68. Kemudian dilakukan uji t dengan taraf signifikan (α=0,05), maka didapatkan nilai t-hitung sebesar 3,290 dan t-tabel 1,7084. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan media kartu Truth and Dare dengan kelas yang tidak menggunakan media kartu Truth and Dare. Kata Kunci: N-Gain Score, Media Permainan Kartu Truth or Dare, Kuasi Eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Jun 2024 09:14
Last Modified: 19 Jun 2024 09:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18407

Actions (login required)

View Item View Item