KEANEKARAGAMAN JENIS TANAMAN DAN PEMANFAATANNYA PADA LAHAN AGROFORESTRI MASYARAKAT DI DESA KARANG ANYAR PAL VIII KECAMATAN BERMANI ULU RAYA KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Kemri, Agust Rio Nainggolan and Wiryono, Wiryono and Agus, Susatya (2022) KEANEKARAGAMAN JENIS TANAMAN DAN PEMANFAATANNYA PADA LAHAN AGROFORESTRI MASYARAKAT DI DESA KARANG ANYAR PAL VIII KECAMATAN BERMANI ULU RAYA KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Kemri Agust Rio N E1B015095.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Agroforestri merupakan sistem penggunaan lahan (usaha tani) yang mengkombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian untuk meningkatkan keuntungan, baik secara ekonomis maupun lingkungan. Pada sistem ini tercipta lah keanekaragaman tanaman dalam suatu luasan lahan sehingga akan mengurangi risiko kegagalan dan melindungi tanah dari erosi. Agroforestri memiliki beberapa fungsi dalam hal konservasi dan rehabilitasi lahan, karena dalam penerapannya terdapat pohon atau tanaman kehutanan. Dengan adanya tanaman kehutanan maka laju erosi akan terhambat karena salah satu fungsi dari akar tanaman sebagai jangkar atau pengikat tanah. Keanekaragaman jenis adalah ketersediaan keanekaragaman sumber daya jenis berupa jenis maupun kekayaan plasma nutfah (keanekaragaman genetik di dalam jenis), keanekaragaman antar jenis dan keanekaragaman ekosistem. Selain itu keanekaragaman jenis juga harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Tumbuhan yang berpotensi sebagai bahan pangan merupakan tumbuhan yang memiliki organ atau bagian yang dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi manusia dengan cara diolah maupun dimakan mentah karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh dan tidak beracun. Seiring dengan pengembangan tumbuhan pangan khususnya pangan liar sering dilakukan oleh masyarakat lokal untuk kebutuhan sendiri maupun dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman jenis tanaman dan pemanfaatnya pada lahan agroforestri masyarakat di Desa Karang Anyar Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Metode yang dipakai adalah inventarisasi, wawancara dan pengamatan langsung, pengambilan data dengan membuat plot ukuran 10 x 10 m untuk pohon, 4 x4 m untuk perdu atau pancang, serta 1 x 1 m untuk vegetasi herba dengan intensitas sampling 50% yang dilakukan pada 8 lahan agroforestri yang dipilih secara Purposive Sampling di Desa Karang Anyar PAL VIII. Untuk data yang diamati adalah: jenis, jumlah individu, tinggi, diameter setinggi dada, manfaat, penggunaan dan bagian yang dimanfaatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:34
Last Modified: 19 Jun 2024 03:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18413

Actions (login required)

View Item View Item