PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTsN 1 Bengkulu Selatan)

Hadiyanti, Yulia and Alexon, Alexon and Turdjai, Turdjai (2018) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTsN 1 Bengkulu Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
tesis yulia hadiyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran SAVI di kelas VIII MTsN 1 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi antara penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subyek penelitian untuk penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 18 siswa dan populasi pada penelitian ini adalah 36 siswa terdiri dari kelas VIIIB berjumlah 18 siswa sebagai kelas kuasi eksperimen dan VIIIC yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan uji t saling berhubungan dan uji t tidak saling berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran SAVI meningkatkan konsentrasi dan prestasi belajar siswa., imlikasi dari penerapan pembelajaran SAVI yaitu guru harus bersungguh-sungguh dan menguasai pendekatan pembelajaran SAVI. Berdasarkan hasil penelitian pendekatan pembelajajaran SAVI efektif dapat meningkatkan prestasi belajar sehingga memungkinkan bisa diterapkan pada kelas atau sekolah lain. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi dunia pendidikan baik untuk siswa, guru dan sekolah. Kata Kunci: Pendekatan pembelajaran SAVI, konsentrasi siswa, dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 03 Jun 2019 01:29
Last Modified: 03 Jun 2019 01:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18427

Actions (login required)

View Item View Item