EFEKTIVITAS NEGOSIASI DALAM PENYELESAIAN KREDIT MACET DI BANK BENGKULU CABANG UTAMA

ISLAMY, IIN and Widiya, N Rosari and Ganefi, Ganefi (2018) EFEKTIVITAS NEGOSIASI DALAM PENYELESAIAN KREDIT MACET DI BANK BENGKULU CABANG UTAMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Bank Bengkulu Cabang Utama merupakan lembaga perbankan umum yang berperan dalam menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat umum. Oleh karena itu dalam menjalankan usahanya harus berdasarkan pada ketentuan sebagaimana diatur oleh ketentuan-ketentuan yang baku seperti yang diatur dalam undang-undang perbankan nasional serta peraturan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia, maupun ketentuan dari internal Bank Bengkulu. Sebagai konsekuensi dari adanya penyaluran dana kepada masyarakat, terdapat penyaluran kredit kepada masyarakat, dimana kemungkinan terjadinya permasalahan kredit yang diberikan tetap ada. Bank wajib menerapkan prinsip kehati-hatian sebagai wujud tanggung jawab terhadap dana masyarakat yang dikelola oleh perbankan. Kredit macet merupakan resiko yang senantiasa harus diperhitungkan oleh Bank, oleh karena itu bank harus menentukan upaya penyelesaian kredit macet yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas negosiasi dalam penyelesaian kredit macet di Bank Bengkulu Cabang Utama, dan untuk mengetahui dan menganalisis kendala negosiasi dalam penyelesaian kredit macet di Bank Bengkulu Cabang Utama. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari penelitian dilapangan. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa efektivitas negosiasi dalam penyelesaian kredit macet di Bank Bengkulu Cabang Utama relatif baik, hal ini bisa dilihat dari jumlah kredit macet yang mampu diselesaikan, walaupun tidak sepenuhnya berhasil. Kendala negosiasi dalam penyelesaian kredit macet di Bank Bengkulu Cabang Utama adalah 1) sulit untuk menyadarkan nasabah akan kewajibannya dalam memenuhi kewajibannya akibat proses negosiasi yang tidak mempunyai daya paksa, 2) tidak ada kerjasama dan itikad baik dari pihak debitur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 03 Jun 2019 01:28
Last Modified: 03 Jun 2019 01:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18433

Actions (login required)

View Item View Item