UJI KARAKTERISTIK BIO MINYAK TRANSFORMATOR BERBAHAN DASAR MINYAK BIJI KARET DENGAN PENAMBAHAN ZAT ADITIF FENOL DAN BHT SEBAGAI ALTERNATIF ISOLASI CAIR TRANSFORMATOR

ANIVA, JULIAH FITRI and Ika, Novia Anggraini and Yanolanda, Suzantry (2023) UJI KARAKTERISTIK BIO MINYAK TRANSFORMATOR BERBAHAN DASAR MINYAK BIJI KARET DENGAN PENAMBAHAN ZAT ADITIF FENOL DAN BHT SEBAGAI ALTERNATIF ISOLASI CAIR TRANSFORMATOR. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_ANIVA JULIAH FITRI_G1D019065.. - Aniva Juliah Fitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Minyak transformator umumnya yang terbuat dari olahan minyak bumi, dikarenakan daya serap dan daya isolasi yang terkandung pada minyak bumi sangat baik sebagai bahan isolasi minyak transformator, akan tetapi minyak bumi ini termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan minyak bumi akan habis. Oleh sebab itu salah satu bahan alternatif yang dapat digunakan sebagai isolasi cair pada transformator adalah isolasi cair yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau minyak nabati. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan lagi pengujian minyak biji karet dengan melakukan proses pencampuran menggunakan bahan aditif berupa fenol dan bht terhadap karakteristik kimia yaitu kadar air, fisika yaitu massa jenis dan viskositas dan kelistrikan yaitu tegangan tembus dengan variasi aditif fenol dan bht yaitu 16%, 18%, dan 20%. Dari hasil pengujian nilai minyak biji karet murni,minyak biji karet campur aditif bht dan minyak biji karet campur aditif fenol nilai yang telah memenuhi standar minyak isolasi cair minyak transformator adalah minyak biji karet campur fenol 20% dengan nilai kadar air yaitu 25,32 mg/kg, nilai viskositas 32 cSt, titik didih 160 dan nilai tegangan tembus 37,0 kV. Kata Kunci: Bht, Fenol, Minyak Transformator, Minyak Biji Karet.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:07
Last Modified: 20 Jun 2024 02:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18447

Actions (login required)

View Item View Item