ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TELUR AYAM RAS DI LIMA PASAR KOTA BENGKULU

Sipayung, Fernando and Warnoto, Warnoto and Dadang, Suherman (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TELUR AYAM RAS DI LIMA PASAR KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Fernando Sipayung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Telur ayam ras merupakan salah satu produk petemakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Dengan kandungan gizi yang tinggi tersebut diharapkan agar telur ayam ras dapat memenuhi kebutuhan konsumsi protein hewani masyarakat, khususnya di Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan telur ayam ras di lima pasar Kota Bengkulu serta mengukur seberapa besar faktor-faktor tersebut berpengaruh. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan mulai dari Desember 2017 hingga Januari 2018 di wilayah kota Bengkulu, dengan menggunakan metode accidental sampling dalam penentuan responden dan purposive sampling dalam penentuan lokasi penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, harga telur ayam ras, harga ikan segar, selera dan jumlah permintaan telur ayam ras. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode multiple regression (analisis regresi linier berganda) dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen yang menjadi penentu pola konsumsi keluarga untuk telur ayam ras di lima pasar Kota Bengkulu sebagian besar adalah responden berumur 37-47 tahun dengan tingkat pendidikan SLTA/SMA sederajat, jumlah anggota keluarga sebanyak empat orang dan pendapatan keluarga per bulan rata-rata Rp 3.000.000 - Rp 3.900.000 dengan bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga. Berdasarkan uji f, secara simultan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan telur ayam ras di lima pasar Kota Bengkulu adalah faktor tingkat pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, harga telur ayam ras, harga ikan segar, dan selera sedangkan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa faktor pendapatan dan jumlah anggota keluarga berpengaruh nyata (P < 0,05) terhadap permintaan telur ayam ras sedangkan harga telur ayam ras sangat berpengaruh nyata (P < 0,01) terhadap permintaan telur ayam ras di lima pasar Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:49
Last Modified: 25 Apr 2019 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18452

Actions (login required)

View Item View Item