DISSOLVED GAS ANALYSIS MINYAK ISOLASI TRANSFORMATOR 11KV/150 KV DI ULPL-TA MUSI DENGAN METODE DUVAL TRIANGLE DAN METODE DUVAL PENTAGON

VANKI, ANGGARA PUTRA and Yuli, Rodiah and Ika, Novia Anggraini (2023) DISSOLVED GAS ANALYSIS MINYAK ISOLASI TRANSFORMATOR 11KV/150 KV DI ULPL-TA MUSI DENGAN METODE DUVAL TRIANGLE DAN METODE DUVAL PENTAGON. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_VANKI ANGGARA PUTRA_G1D019047 - VANKI ANGGARA PUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Minyak isolasi merupakan bagian terpenting sebuah transformator yang fungsinya sebagai isolator dan sebagai pendingin. Pada penelitian ini dilakukan analisis minyak isolasi transformator atau analisis gas terlarut (DGA) dengan menggunakan alat Transport X. Metode interpretasi Duval Triangle dibandingkan dengan metode Duval Pentagon untuk mengidentifikasi jenis kegagalan yang dapat terjadi pada transformator unit 1,2,3 PT PLN ULPL-TA MUSI dan saran perbaikan transformator yang lebih tepat. Hasil perbandingan dua metode dilihat dari jumlah gas terlarut metode Duval Pentagon lebih akurat mengindikasikan keadaan transformator ketika gas terlarut relatif kecil dibandingkan metode Duval Triangle yang mana Duval Triangle melakukan kesalahan diagnosis ketika kandungan gas terlarut kecil, dengan menggunakan metode interpretasi Duval Triangle mengindikasi keadaan rata-rata T1 : Thermal fault < 300 dan menggunakan metode interpretasi Duval Pentagon mengindikasi keadaan Thermal fault < 300 . Kata kunci : DGA, Metode Duval, Minyak Transformator.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:38
Last Modified: 20 Jun 2024 03:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18458

Actions (login required)

View Item View Item