STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK SAPI PEDAGING DI DESA PENAGO 1 KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU.

Kaiti, Jumi and Rustama, Saepudin and Edi, Soetrisno (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK SAPI PEDAGING DI DESA PENAGO 1 KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Jumi Kaiti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permintaan akan daging sebagai sumber protein hewani setiap tahunnya semakin meningkat termasuk permintaan akan daging sapi, namun produksinya belum bisa sepenuhnya memenuhi permintaan tersebut. Kekurangan daging sapi tersebut dikarenakan kebutuhan konsumen yang terus meningkat sedangkan populasi ternak yang di produksi tidak seimbang dengan kebutuhan akan daging sapi di Indonesia. Salah satu alternatife yang cocok untuk mengatasi kekurangan produksi daging sapi ini dilakukan pengembangan usaha ternak sapi pedaging dengan memanfaatkan sumber daya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha ternak sapi pedaging di desa Penago 1. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Data gambaran keadaan umum daerah penelitian, karakteristik responden, populasi ternak sapi pedaging di Desa Penago 1, dan manajemen usaha yang dijalankan dianalisis secara deskriptif sementara penentuan strategi pengembangan usaha dianalisis dengan analisis SWOT dengan menggunakan matrik SWOT. Matriks ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki usaha tersebut. Hasil analisis SWOT pengembangan usaha ternak sapi pedaging di Desa Penago 1 Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma dilihat pada total faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan usaha sebesar 1,59, dan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman sebesar 0,82. Usaha pengembangan berada pada titik kaudran 1 strategi agresif merupakan situasi yang sangat menguntungkan dan mendukung. Hal ini menggambarkan bahwa strategi pengembangan yang ada dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil analisis kuadra maka pengembangan usaha ternak sapi pedaging di Desa Penago 1 dapat dilakukan dengan strategi antara lain : Strategi SO (Strenght – Opportuity), strategi WO (Weaknesses – Opportunity), strategi WT (Weaknesses – Threath) dan strategi ST (Strength – Threats).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:20
Last Modified: 25 Apr 2019 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18462

Actions (login required)

View Item View Item